Cara Mengatasi Kamera dan Mikrofon Tidak Bisa Diakses

Cara Mengatasi Kamera dan Mikrofon Tidak Bisa Diakses

KEPOINDONESIA.id - Pernahkan kalian menemui peringatan "Kamera tidak diizinkan", "Mikrofon tidak diizinkan", atau "Lokasi tidak diizinkan" saat mengakses browser maupun aplikasi? jika pernah apa hal yang kalian lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut?.

Jawabannya sangatlah sederhana yaitu perlu kalian izinkan. Masing-masing memerlukan perizinan untuk mengakses beberapa data pengguna. Jika tidak diizinkan aplikasi tidak akan bekerja secara maksimal.

Sebagai contoh kalian tidak mengizinkan aplikasi WhatsApp mengakses kontak kalian. Maka nantinya kontak yang ada di WhatsApp akan kosong karena WhatsApp tidak bisa membaca kontak yang ada di perangkat kalian karena tidak mendapatkan izin.

Secara umum memang masalah perizinan aplikasi, tetapi bagaimana solusinya? ada beberapa solusi. Jika kalian bingung mengenai perizinan aplikasi kalian bisa baca artikel ini sampai selesai supaya jika kalian mengalami permasalahan seperti tadi kalian tau cara mengatasinya.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai solusi perizinan aplikasi kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti mengatasi WhatsApp tidak bisa untuk berbagai lokasi terkini serta solusi tidak bisa memindah file di File Manager.

Solusi Mengatasi Peirizinan Aplikasi Yang Tidak Diizinkan


1. Ya Kalian Beri Izin


Benar sekali, misalnya memerlukan izin ya kalian harus memberi izin pada aplikasi terkait. Jika tidak diberi izin akan ada beberapa error saat mengakses aplikasi seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Karena WhatsApp mengambil kontak dari kontak telepon maka Aplikasi WhatsApp perlu memiliki izin untuk mengakses kontak telepon. Jika tidak memiliki izin maka daftar kontak yang ada di kontak telepon tidak akan tampil di WhatsApp.

2. Atur Ulang di Setelan Perizinan Aplikasi


Berikutnya kalian bisa memastikannya di perizinan aplikasi misalnya perizinan tidak muncul atau sebelumnya kalian tolak. Untuk sekarang ini perizinan aplikasi di masing-masing perangkat Android berbeda-beda, jadi saya tidak bisa memberikan contohnya kepada kalian.

3. Hapus Data Aplikasi


Yang terakhir kalian bisa harus data aplikasi atau unisntall aplikasi dan install kembali. Dengan cara ini nantinya semua perizinan akan muncul semua dan bisa kalian setujui supaya aplikasi tidak error saat digunakan.

Tetapi jika data aplikasi cukup banyak seperti WhatsApp saya sarankan kalian tidak mencoba cara ini. Lebih baik kalian cek sendiri perizinan aplikasi dan izinkan aplikasi untuk mengakses apa yang dibutuhkan.

Demi keamanan pengguna perizinan aplikasi dibuat dengan detail dan mudah dipahami. Akan tetapi letaknya di masing-masing Android berbeda beda. Kalian bisa tolak akses jika dirasa sudah tidak dibutuhkan lagi.

Itu saja yang bisa saya bahas semoga bermanfaat bagi kalian semua. Izin ditolak saat memindahkan dan menghapus file di kartu SD? Kalian bisa baca solusi mengatasi perizinan di Kartu SD atau SD Card.


EmoticonEmoticon