Pengalaman Setting CO Motor Yamaha di Bengkel Resmi

Pengalaman Setting CO Motor Yamaha di Bengkel Resmi

KEPOINDONESIA.id - Bagi pengguna sepeda motor Yamaha yang ingin performa motornya lebih keluar pasti melakukan beberapa eksperimen seperti menaikkan settingan CO. Tidak hanya dinaikkan, CO juga bisa diturunkan hingga -1 dan seterusnya karena standar CO Yamaha ialah 0.

Apasih CO itu? sebelum saya jelaskan saya akan sedikit memberitahu bahwa CO hanya bisa di setting di motor keluaran Yamaha saja. Bahkan motor injeksi terbaru dari Yamaha banyak yang sudah tidak menyediakan opsi ini.

CO (Carbon Monoxide)atau Karbon Monoksida biasanya dinaikkan supaya performa motor lebih bertenaga karena bahan bakar yang disemprotkan akan lebih banyak beberapa CC setiap angka CO dinaikkan.

Umumnya menambah CO dilakukan setelah mengganti knalpot motor dengan knalpot tidak standar atau knalpot racing. Hal ini dilakukan supaya efektifitas knalpot lebih bermanfaat karena tidak memiliki peredam yang banyak.

Apa boleh motor standar dengan knalpot standar menaikkan CO? boleh-boleh saja tetapi jangan terlalu tinggi. Selain bahan bakar menjadi boros terlalu banyak menaikkan CO tetapi knalpot masih standar membuat mesin loyo alias menimbulkan pembakaran tidak sempurna.

Bagaimana cara melakukan setting CO di bengkel resmi Yamaha dan bagaimana pengalaman saya? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Saya akan jelaskan cara setting CO saat servis dan saat tidak ingin servis.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara menjadi spare part Yamaha di Yamaha Part Catalog serta biaya servis injeksi motor di bengkel resmi.

Setting CO Saat Servis Rutin Sepeda Motor


Cara ini biasa kalian lakukan jika kalian tidak mau bayar lebih untuk setting CO motor Yamaha kalian. Pastikan juga bahwa motor kalian bisa di setting CO nya, karena tidak semua motor injeksi Yamaha memiliki opsi ini.

Saat pendaftaran ingin servis langsung saja kalian bilang selain servis, ganti oli, atau yang lainnya kalian juga ingin setting CO. Nantinya proses setting CO dilakukan terakhir saat motor selesai di servis dan kalian akan di tanya ingin di atur ke angka berapa.

Untuk setting CO bersamaan dengan servis rutin tidak dikenakan biaya. Karena setiap selesai servis pasti mekanik melakukan cek ECU dan artinya setting CO hanya sebagai tambahan dan bukan pekerjaan utama.

Setting CO Tanpa Servis


Jika tanpa servis langsung saja kalian bilang ingin setting CO. Prosesnya cukup cepat tidak sampai 10 menit asalkan motor kalian langsung ditangani oleh mekanik. Kalian akan di tanya ingin di atur ke angka berapa dan kalian harus membayar untuk setting CO kali ini.

Setting CO tanpa servis pada saat itu saya dikenai biaya Rp. 25.000. Bukan masalah besar karena jika settingan CO kurang tepat lebih baik segera dibenarkan khususnya CO motor standar yang lebih dari +10.

Yang perlu kalian ingin nutuk setting CO membutuhkan software khususnya pada sebuah Laptop. Jika Laptop bengkel tersebut sedang tidak ada kalian tidak akan bisa melakukan setting CO.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang cara menaikkan atau setting CO di motor Yamaha, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Sepeda motor terasa berat saat dikendarai? kalian bisa baca artikel tentang kenapa motor terasa berat dan tidak nyaman dikendarai.


EmoticonEmoticon