Penyebab Ban Baru Sepeda Motor Terasa Oleng

Penyebab Ban Baru Sepeda Motor Terasa Oleng

KEPOINDONESIA.id - Ban sepeda motor perlu kalian ganti dengan yang baru jika kondisi ban sudah tidak layak pakai dan memang waktu untuk diganti. Ban yang tipis sebenarnya tidak harus diganti, hanya saja bagi sebagian orang grip pada ban yang sudah tidak ada alurnya kurang memuaskan.

Penggantian ban bisa dilakukan tergantung dari kebutuhan dan situasi. Umumnya ban bisa bertahan lebih dari 1 hingga 2 tahun untuk ban tipe medium compound. Terkadang bisa sampai 5 tahun lebih jika jarang digunakan.

Nah saat setelah mengganti ban luar banyak rider yang langsung memacu sepeda motor dan beranggapan ban motor baru lebih enak dan lebih nyaman digunakan. Hal itu sebenarnya tidak benar karena ban baru perlu waktu inreyen terlebih dahulu.

Jika langsung kalian gas untuk akselerasi maka tidak akan nyaman karena ban cenderung oleng dan goyang khususnya pada saat berbelok. Kenapa bisa seperti itu? dan bagaimana cara mengatasinya?

Untuk tau penyebab dan cara mengatasinya kalian bisa baca artikel yang akan bahas kali ini sampai selesai. Sebelum lanjut kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan Tikum serta tips mengatasi jas hujan yang kaku.

Penyebab Ban Baru Oleh dan Goyang Saat Digunakan


1. Karena Ban Masih Baru


Ban baru belum umumnya masih benar-benar baru dan karet ban belum terbiasa dengan jalan. Selain itu rata-rata ban baru masih memiliki lapisan pelindung seperti lapisan lilin yang membuat ban lebih licin.

Sebelum lapisan lilin yang ada di ban hilang ban tetap terasa oleng saat digunakan khususnya saat berbelok. Oleh karena itu gunakan ban untuk berjalan minimal 100 KM supaya lapisan lilin di ban berkurang dan hilang.

2. Pemasangan Ban Tidak Rata


Entah kenapa terkadang ban dipasang tidak rata entah mekanik yang kurang teliti atau ban sulit dipasang. Pastikan garis ban di sisi kanan kiri ban rata dengan velg setelah kalian mengganti ban baru.

Jika ternyata ada bagian ban yang masih di dalam alias tidak mau keluar bisa kalian akali supaya rata seperti bagian lainnya. Jika kalian biarkan ini berbahaya karena tidak akan normal sendiri jika tidak kalian tata ulang.

3. Bearing Bermasalah


Selain faktor ban faktor lainnya juga bisa menyebabkan ban oleng saat digunakan seperti laher atau bearing yang sudah tidak normal dan minta diganti. Jika laher sudah terlihat aus dan rusak lebih baik ganti yang baru.

4. Setelan Ruji Tidak Tepat


Untuk yang satu ini khusus untuk kalian yang menggunakan velg jenis ruji. Keunggulan velg ruji lebih enteng dan empuk, akan tetapi harus sering kalian setel jika terasa oleng atau goyang saat digunakan.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi mengatasi ban baru ganti dan terasa oleng. Dari penyebab yang sudah saya jelaskan keempatnya bisa saja yang menyebabkan ban yang kalian gunakan oleng padahal baru diganti baru.

Karena membahas ban, kalian sebenarnya tau tidak ban dan roda ternyata berbeda? jika kalian belum tau dan masih bingung dengan perbedaan roda dengan ban kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon