Jangan Samakan Lompat dan Loncat, Keduanya Berbeda

Jangan Samakan Lompat dan Loncat, Keduanya Berbeda

KEPOINDONESIA.id - Dalam kehidupan sehari-hari cukup banyak kata yang sebenarnya berbeda tetapi dianggap sama seperti Loncat dan Lompat. Loncat sering kalian lakukan dan katakan begitu juga dengan Lompat sering kalian katakan dan lakukan.

Saat kita melakukan salah satu dari kedua hal tadi biasanya otak akan spontan mengatakan Loncat atau Lompat tanpa pikir panjang. Entah Loncat atau Lompat yang baru saja dilakukan tetapi otak akan merespon dengan cepat dengan mengatakan Lompat atau Loncat.

Sekilas antara Lompat dan Loncat sebenarnya sama saja. Akan tetapi sedikit berbeda khususnya usaha yang dibutuhkan. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan Lompat dan apa yang dimaksud dengan Loncat.

Sebelum lanjut ke pembahasannya saya akan sedikit menjelaskan kapan kita Loncat dan kapan kita Lompat. Lompat sering kalian lakukan saat menyebrangi sungai kecil sedangkan Loncat sering kalian lakukan saat kaget ada hewan di atas lantai.

Tanpa panjang lebar langsung saja saya bahas apa itu Lompat dan Loncat. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud Ngalong serta perbedaan Satmori dan Sunmori.

Lompat


Lompat merupakan kegiatan mendorong tubuh menggunakan 1 kaki supaya jangkauan lompatan lebih jauh. Lompat umumnya dilakukan untuk mendorong bagian tubuh ke depan dari pada ke atas.

Oleh karena itu saat menyeberang sungai kecil kalian perlu Lompat bukan Loncat dan usahakan gunakan kaki yang kuat supaya jangkauan lompatan lebih jauh. Jika digunakan untuk mendong tubuh ke atas Lompat sangat tidak disarankan.


Loncat


Sedangkan Loncat adalah kegiatan mendorong tubuh menggunakan kedua kaki supaya loncatan lebih kuat dan tinggi. Berbeda dengan Lompat yang diperuntukan untuk mendorong tubuh ke depan, Loncat justru digunakan untuk mendorong tubuh ke atas.

Pemain Basket dan Voly biasanya melakukan loncatan supaya posisi mereka menjadi lebih tinggi lagi. Loncat tidak disarankan untuk melewati halangan karena walaupun kuat jangkauannya tidak jauh seperti Lompat.

Dasar Loncat dan Lompat memang seperti itu. Untuk detail lainnya bisa kalian praktekan sendiri supaya kalian tau betul perbedaan antara Loncat dan Lompat apa saja, khususnya posisi tubuh, tangan, dan kaki.

Sebelum saya akhiri mungkin kalian penasaran antara Spot dan Olahraga sebenarnya sama atau berbeda? Supaya kalian tidak salah mengartikannya kalian bisa baca artikel tentang Olahraga dan Spot.


EmoticonEmoticon