Perbedaan Format PPT dan PPTX di PowerPoint

Perbedaan Format PPT dan PPTX di PowerPoint

KEPOINDONESIA.id - Dari beberapa program yang tergabung di Microsoft Office, PowerPoint tidak banyak digunakan karena memang tidak banyak pekerjaan yang membutuhkan Presentasi. Berbeda dengan Microsoft Word dan Microsoft Excel yang banyak dibutuhkan di pekerjaan sederhana sekalipun.

Jika kita tidak membutuhkan presentasi kita tidak akan menggunakan PowerPoint. Karena di Microsoft PowerPoint kalian tidak akan bisa membuat makalah ataupun menghitung angka-angka yang perlu kalian hitung.

Sama seperti MS Word dan MS Excel, MS PowerPoint juga memiliki beberapa format file. Jadi format presentasi tersebut bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan dan kegunaan. Secara umum ada 2 format yang paling sering digunakan yaitu .PPT dan .PPTX.

Apa bedanya PPT dan PPTX? Jika kalian mengira ada bedanya memang .PPTX dan .PPT ada perbedaannya. Supaya kalian tau perbedaan antara keduanya dan supaya kalian tidak keliru kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Kali ini saya akan menjelaskan sedikit perbedaan format presentasi PPTX dan PPT. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca perbedaan format Excel .XLSX dan .XLS serta cara menggunakan fitur Zoom In dan Zoom Out di Microsoft PowerPoint.

PPT (PowerPoint 97-2003)


PPT atau format .PPT merupakan format yang dikeluarkan untuk Microsoft PowerPoint 2003 dan menjadi format default pada MS PowerPoint 2003. Format ini bisa dibilang format yang diperuntukan untuk pengguna Microsoft PowerPoint 97 supaya file bisa dibuka di Microsoft PowerPoint 2003.

Kesimpulannya untuk sekarang ini format .PPT sudah sangat jadul dan dukungan di aplikasi presentasi seperti Microsoft PowerPoint bisa saja tidak ada. Jadi kini format PowerPoint yang ideal yaitu .PPTX.

PPTX (PowerPoint Presentasi)


Format baru untuk Microsoft PowerPoint 2007 dan versi yang lebih baru. Atau jika perangkat Mac untuk PowerPoint 2008 dan versi yang lebih baru. Berbeda dengan PPT yang berbasis Biner, PPTX berbasis XML (Open XML).

Formatnya lebih fleksibel atau bisa dibuka di aplikasi pihak ketiga lainnya selain Microsoft PowerPoint. Fiturnya nya jelas lebih banyak, banyak dukungan yang lebih banyak di file multimedia serta ukuran file nya lebih ringan.

Jadi kesimpulannya bahwa format .PPT adalah format lama untuk PowerPoint 97-2003 sedangkan .PPTX format PowerPoint 2007 sampai sekarang termasuk Office 365. Selain .PPT dan PPTX, ada juga .PPTM dan PPS dan masih banyak yang lainnya.

Jika ada waktu luang akan saya bahas semua format dan ekstensi yang ada di Microsoft PowerPoint dari yang terdahulu hingga sekarang. Tidak tau cara buat simbol kurang lebih atau lebih kurang? kalian bisa simak artikel yang sudah pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon