Antara Zip dan RAR, Lebih Baik Yang Mana?

Antara Zip dan RAR, Lebih Baik Yang Mana?

KEPOINDONESIA.id - ZIP dan RAR saya yakin kalian pernah melihat kedua jenis file ini. Tidak seperti beberapa format file lainnya, file .ZIP dan .RAR tidak bisa dibuka begitu saja. Karena keduanya sebenarnya adalah file kompresi bukan file sesungguhnya.

Mudahnya di dalam file RAR dan ZIP terdapat file lainnya yang merupakan file asli apapun formatnya. Cukup banyak file yang bisa di kompres menjadi RAR dan ZIP, kemungkinan semua file bisa di kompres.

Selain mengurangi ukuran file saat dibagikan, proses kompres file juga memudahkan proses berbagi file karena file dalam jumlah yang banyak bisa disatukan menjadi satu dan dapat dibuka setelah berhasil dikirimkan.

Hanya saja kelemahan melakukan kompresi baik ZIP atau RAR membutuhkan ruang yang lebih banyak. Karena akan ada file baru yang ukurannya hampir sama seperti semua file yang akan kalian kompres.

Nah yang menjadi pertanyaan apa bedanya RAR dan ZIP? lebih baik kompres file menjadi .ZIP atau ke .RAR? Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Tetapi yang pasti karena keduanya populer keduanya sama-sama bagus.

Sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca cara melihat hasil unduhan di Google Chrome Android serta cara menghapus file serbaneka di Android yang tidak bisa dibuka atau dihapus.

ZIP


ZIP adalah standar kompresi atau pemampatan data yang sudah didukung oleh banyak platform. Karena sudah didukung banyak platform untuk melihat dan mengekstrak file .ZIP tidak perlu aplikasi tambahan cukup menggunakan aplikasi File Manager bawaan.

Dari segi kecepatan kompresi ZIP jauh lebih cepat daripada RAR. Walaupun cepat file yang di kompres ke ZIP tidak akan rusak atau corrupt karena format ZIP sudah di desain sedemikian rupa.

Selain kemudahan dan dukungan, masih ada batasan kompresi, segi keamanan, dan algoritma. RAR dapat mengkompresi file dengan ukuran hingga 8.589.934.591 GB sedangkan ZIP hanya bisa maksimal 2 GB saja.

Untuk keamanan file, keduanya bisa diberikan keamanan tambahan hanya saja format ZIP perlu aplikasi tambahan untuk memberikan keamanan tambahan. Sedangkan pada bagian Algoritma ZIP menggunakan Algoritma jenis Deflate sedangkan RAR Algoritma LZMA.

RAR


Format RAR adalah format file arsip yang mendukung kompresi data, pemulihan kesalahan ,dan rentang. Walaupun bukan standar file kompres akan tetapi penggunaan RAR sangat populer sekali di perangkat desktop.

Seperti yang sudah saya jelaskan di penjelasan ZIP, file RAR terkadang perlu di ekstrak menggunakan aplikasi tambahan yang mendukung format RAR. Tidak hanya tidak bisa di ekstrak, tanpa aplikasi tambahan terkadang format RAR tidak bisa dilihat sama sekali.

Soal kecepatan kompresi sudah jelas RAR kalah dengan ZIP, akan tetapi ukuran file yang dapat di kompres ke format .RAR lebih banyak dari pada .ZIP dan perbandingannya sangatlah jauh sekali.

Dari segi keamanan RAR juga bisa ditambahkan keamanan tambahan tanpa perlu menggunakan aplikasi khusus. Baik RAR dan ZIP memiliki peruntukannya sendiri, ZIP sangat cocok sebagai format kompres file-file kecil pada situs atau web.

Sedangkan RAR bisa digunakan untuk mengkompres backup file, backup data penting, data game, dan lain-lainnya. Keduanya sama-sama bagus dan dapat diandalkan tinggal disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya mengenai pengertian RAR dan ZIP serta perbedaan antara keduanya. Tidak tau apa yang dimaksud dengan Import dan Export data? kalian bisa baca penjelasan saya mengenai Export dan Import data.


EmoticonEmoticon