Solusi Mengatasi Catatan Yang Hilang

Solusi Mengatasi Catatan Yang Hilang

KEPOINDONESIA.id - Menulis catatan di HP memiliki kelebihan tersendiri bagi sebagian orang. Selain mudah dilihat dan digunakan menulis catatan di HP bisa di akses kapan saja dan dimana saja. Tetapi perlu di ingat jika catatan yang kalian tulis adalah catatan penting

Pastikan catatan yang kalian tulis tersimpan secara cloud atau online supaya catatan bisa di akses dengan mudah di perangkat lain. Selain itu menyimpan catatan secara cloud mencegah hal-hal yang tidak di inginkan terjadi.

Seperti data perangkat tidak sengaja terhapus, rusak, atau hilang yang menyebabkan kita tidak bisa melihat atau melakukan backup catatan secara manual. Kasus data catatan atau notepad hilang sendiri sering terjadi di perangkat Android.

Penyebabnya saya kurang tau, akan tetapi kemungkinan besar karena tidak sengaja terhapus dan pengguna tidak menyadarinya. Jika kalian mengalami kejadian seperti itu kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Karena saya akan sedikit mengulas tentang catatan yang terhapus. Saya tidak menjamin catatan kalian akan kembali, tetapi alangkah baiknya kalian mencoba terlebih dahulu. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti fungsi fitur Catatan Pribadi di aplikasi Signal serta cara mudah merubah tanggal lahir dan umur di akun Google. Berikut penjelasan dari saya mengenai solusi dan cara mengatasi data catatan yang hilang.

Solusi Catatan Hilang Sendiri


1. Coba Hubungan Akun Tertaut


Tidak semua aplikasi catatan benar-benar offline alias hanya bisa di backup secara offline saja. Jika aplikasi catatan yang kalian gunakan memiliki fitur hubungkan ke akun Google kalian bisa menghubungkan akun Google yang kalian miliki.

Atau jika kalian pengguna Xiaomi kalian bisa menghubungkan akun Mi kalian ke aplikasi Catatan. Cara ini wajib kalian coba siapa tau catatan yang pernah kalian simpan sudah tersimpan ke akut tertaut yang kalian miliki.

2. Cek Folder Catatan


Selain dengan cara menghubungkan akun tertaut kalian juga bisa mencari folder catatan di penyimpanan telepon. Silakan kalian cari folder Catatan atau Notepad lalu lihat apakah ada folder atau data tersimpan.

Jika ditemukan data export kemungkinan besar kalian masih bisa mengembalikan catatan kalian yang hilang. Jika tidak ada kalian tidak akan bisa mengembalikan catatan yang sebelumnya sudah kalian simpan.

3. Gunakan Catatan Online


Mungkin hanya 2 cara tadi yang bisa kalian gunakan untuk mengembalikan catatan yang hilang. Misalnya kalian tidak ingin mengalami hal yang sama kalian bisa menggunakan catatan online seperti OneNote.

Kalian hanya perlu menjaga akun yang digunakan untuk menyimpan catatan tadi supaya tidak bisa dibuka oleh orang lain. Selama kalian bisa mengakses akun tersebut catatan kalian tidak akan hilang.

Nah itu dia beberapa solusi yang bisa kalian coba untuk mengembalikan catatan yang hilang. Catatan yang hilang sendiri memang jarang terjadi, kecuali jika kalian tidak melakukan backup sebelum melakukan hard reset atau tidak pernah melakukan backup rutin sama sekali.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Sebelum saya akhiri kalian perlu tau tips saat melakukan wawancara kerja. Jangan asal-asalan karena melakukan interview juga perlu persiapan.


EmoticonEmoticon