Mengenal Lensa Wide dan Ultrawide, Apa Berbeda?

Mengenal Lensa Wide dan Ultrawide, Apa Berbeda?

KEPOINDONESIA.id - Lensa Wide salah satu lensa yang sering kita temui di Flagship Android dengan harga yang tidak murah. Lensa ini cukup populer digunakan di versi atas smartphone yang dikeluarkan oleh vendor.

Produsen smartphone yang terkenal dengan lensa Wide nya yaitu LG. Banyak ponsel LG yang memiliki lensa Wide dengan kualitas yang bagus. Wide memang cukup populer beberapa tahun yang lalu, tetapi kini tidak.

Ultrawide adalah lensa penerus Wide yang kini banyak digunakan di smartphone baik di Android atau iOS. Selain itu lensa Ultrawide juga banyak digunakan di ponsel Mid-range alias tidak hanya di Flagship saja.

Walaupun begitu ada harga ada rupa, artinya kualitas yang dihasilkan tidak sebanding dengan yang ada di ponsel Flagship. Tetapi kalian tau tidak perbedaan lensa Wide Angle dan lensa Ultrawide?

Dari namanya seharusnya kalian sudah tau, tetapi jika kalian belum tau maka kali ini saya akan menjelaskannya untuk kalian. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara cek DPI layar serta cara mengatur resolusi kamera di perangkat Android.

Lensa Wide Angle


Lensa ini sangat cocok digunakan untuk mengambil foto dan video dengan jangkauan yang lebih luas. Karena karakteristik lensa Wide yaitu melebar dan bisa menangkap objek lebih banyak dari pada lensa biasa.

Untuk hasil yang maksimal saat mengambil foto menggunakan lensa Wide lebih baik menggunakan mode lanskap supaya hasilnya lebih bagus. Selain itu untuk alternatif lensa Wide kalian bisa menggunakan aplikasi atau aksesoris tambahan seperti Fish Eye.

Lensa Ultrawide


Seperti namanya yaitu Ultra, lensa ini bisa mengambil objek lebih banyak dan lebih lebar dari pada lensa Wide Angle. Karena lebih luas dari pada Wide, terkadang ada beberapa objek yang kurang cocok diambil dengan lensa yang satu ini.

Karena jangkauannya yang luas memaksa semua objek masuk dalam satu frame. Jika kalian bisa mencari objek yang bagus memotret atau mengambil video dengan lensa ini memiliki kesan tersendiri.

Kesimpulannya tidak ada perbedaan yang jauh antara Wide dan Ultrawide, karena Ultrawide adalah versi yang lebih bagus dari pada Wide. Selain Wide dan Ultrawide lensa Makro dan Telephoto juga banyak ditemui di perangkat pintar Android dan iOS.

Itu saja yang bisa saya jelaskan dan sampaikan untuk kalian, semoga bermanfaat. Ingin menghilangkan tanggal di hasil foto? jika kalian ingin menghilangkan tanggal di foto kalian bisa baca artikel tentang cara menghilangkan hari dan tanggal di hasil foto.


EmoticonEmoticon