3 Solusi Mengatasi Aplikasi di Android Tidak Bisa Diperbarui

3 Solusi Mengatasi Aplikasi di Android Tidak Bisa Diperbarui

KEPOINDONESIA.id - Aplikasi membutuhkan pembaruan supaya aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Semuanya memang butuh pembaruan tidak hanya aplikasi saja. Selain kemajuan teknologi yang cepat banyaknya pengguna juga mempengaruhi.

Pembaruan atau update secara umum memberikan perubahan yang lebih baik. Tetapi tidak semuanya diterima oleh pengguna. Karena bisa saja menurut pengembang itu adalah pembaruan tetapi menurut pengguna bukan.

Sistem Operasi dan Aplikasi memerlukan pembaruan untuk memperbaiki masalah yang sebelumnya ada. Selain itu pembaruan juga bisa menambah beberapa fitur tetapi tergantung dari jenis pembaruannya.

Semua aplikasi yang kalian unduh dan install lewat Play Store dapat kalian update atau perbarui dengan mudah. Karena secara otomatis pembaruan akan muncul di halaman aplikasi tersebut.

Ingin melakukan pembaruan secara otomatis atau manual itu terserah kalian. Akan tetapi pembaruan yang tersedia akan muncul dan kalian bisa mengambil tindakan. Tetapi pernah tidak kalian mengalami tidak bisa melakukan pembaruan aplikasi?

Saya sendiri pernah dan penyebabnya cukup beragam. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab dan solusi mengatasi tidak bisa melakukan pembaruan aplikasi di Android.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Seperti cara cek patch keamanan sistem Android serta solusi aplikasi Bukalapak tidak bisa dibuka.

Solusi Tidak Bisa Update Aplikasi Android


1. Koneksi Internet


Penyebab pertama yaitu berkaitan dengan koneksi internet yang kalian gunakan. Sebenarnya proses update aplikasi tidak membutuhkan koneksi internet yang sangat kencang. Hanya saja pada proses awalnya memang sedikit berat.

Mudahnya saat awal terhubung ke server membutuhkan koneksi yang bagus. Jika koneksi kurang bagus atau lamban maka proses pembaruan atau update aplikasi hanya akan memuat saja atau hanya loading.


2. Ruang Penyimpanan Penuh


Sama seperti saat proses install aplikasi, jika ruang penyimpanan penuh proses pembaruan tidak akan bisa dilakukan. Nantinya akan muncul pemberitahuan bahwa ruang penyimpanan tidak cukup.

Cara mengatasinya kalian bisa mengosongkan ruang penyimpanan telepon atau internal memori terlebih dahulu. Minimal ada ruang tersedia 1GB untuk melakukan proses pembaruan aplikasi.

3. Play Store Error


Dan yang terakhir karena Play Store error. Play Store error biasanya terjadi di perangkat Andorid keluaran lama. Ciri-ciri Play Store yang error ialah cukup susah melakukan install dan pembaruan aplikasi lewat Play Store.

Tidak ada yang bisa kalian lakukan untuk penyebab yang satu ini. Karena saya sendiri tidak tau apa penyebabnya. Tetapi jika kalian sabar nantinya proses download dan pembaruan aplikasi tetap akan berjalan.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi tidak bisa update aplikasi di perangkat Android. Update aplikasi bagi saya tidak wajib, jika versi yang sekarang sudah nyaman dan stabil saran saya tidak usah diperbarui.

Karena di versi terbaru tidak ada jaminan bahwa aplikasi akan lebih bagus lagi. Dan sebelum saya akhiri kalian harus tau perbedaan downgrade HP dengan downgrade OS. Kedua istilah tersebut memiliki pengertian yang berbeda.


EmoticonEmoticon