Penyebab HP Bunyi Sendiri dan Bagaimana Mengatasinya

Penyebab HP Bunyi Sendiri dan Bagaimana Mengatasinya

KEPOINDONESIA.id - Bunyi pada HP yang sering muncul yaitu seperti musik yang sedang kalian putar, suara dari video, bunyi aplikasi dan notifikasi, serta bunyi-bunyi lainnya yang wajar terjadi. Akan tetapi kalian pernah tidak mengalami HP tiba-tiba bunyi sendiri?

HP yang bunyi sendiri memang bisa terjadi dan di beberapa kasus tidak berbahaya. Umumnya HP bunyi sendiri karena pengaturan aplikasi dan peringatan. Sebagai contoh aplikasi pesan instan yang berbunyi karena ada pesan belum terbaca.

Karena aplikasi bisa berjalan di latar belakang walaupun layar mati hal seperti ini sangat bisa terjadi. Selain itu ada juga bunyi yang perlu kalian waspadai yaitu bunyi dari perangkat yang kalian miliki.

Bunyi dari perangkat tidak memiliki nada atau irama seperti nada sering atau ringtone. Bunyinya bervariasi seperti "beeep", "nging", atau bunyi dengungan. Untuk tau apa saja yang bisa menyebabkan HP berbunyi kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara mengatasi alarm di HP tidak berbunyi serta cara mengatasi aplikasi Adzan tidak berfungsi.

Penyebab HP Berbunyi Sendiri


1. Bunyi Notifikasi dan Peringatan Dari Sistem dan Aplikasi


Penyebab pertama bunyi sendiri yang muncul di HP saat layar mati kemungkinan besar bunyi notifikasi atau peringatan dari aplikasi dan sistem. Salah satu contohnya bunyi karena alarm, ada panggilan masuk, atau bunyi karena pengisian baterai sudah penuh.

Ciri khusus bunyi dari aplikasi dan sistem yaitu berupa nada dering. Kasus HP berbunyi sendiri sebenarnya sangat jarang terjadi, walaupun penyebabnya karena aplikasi dan sistem yang menampilkan pemberitahuan atau peringatan.

Akan tetapi jika bunyi tiba-tiba muncul karena kalian baru saya menginstall aplikasi yang tidak jelas kalian harus waspada. Karena bisa saja aplikasi tersebut memiliki file berbahaya yang dapat merugikan diri kalian.

2. Bunyi Karena Hardware Error, Rusak, atau Overheat


Dan untuk penyebab terakhir bunyi yang sering terjadi karena kita terlalu memaksakan HP yang kita miliki. Khususnya saat overheat banyak perangkat Android yang mengeluarkan bunyi karena komponen sudah tidak kuat lagi.

Misalnya kalian gunakan untuk bermain game tanpa henti. Ini bisa menimbulkan bunyi yang tidak biasa. Selain berbunyi hal terburuk yang bisa terjadi kemungkinan perangkat yang kalian miliki akan meledak.

Jika sudah berbunyi dan panas kalian harus meletakkan HP yang kalian miliki di tempat yang dingin seperti lantai. Supaya perangkat cepat dingin dan bunyi yang muncul tadi akan hilang dengan sendirinya.

Saya sendiri belum pernah mengalami bunyi karena perangkat saya gunakan secara ekstrim. Akan tetapi untuk penyebab yang pertama pernah saya alami khususnya saat membeli HP baru karena beberapa pengaturan belum saya ubah.

HP yang berbunyi sendiri karena terlalu dipaksakan ada kaitannya dengan throttling. Jika kalian tidak tau apa itu throttling kalian bisa baca pembahasan yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon