Penyebab CMD Tiba-Tiba Muncul dan Hilang Sendiri

Penyebab CMD Tiba-Tiba Muncul dan Hilang Sendiri

KEPOINDONESIA.id - Tidak banyak pengguna perangkat Windows yang tau tentang CMD. CMD memiliki fungsi yang sangat penting dari yang sederhana hingga yang rumit. Umumnya CMD digunakan untuk melakukan PING saat koneksi internet kurang bagus.

Command Promt atau yang sering disebut CMD adalah sebuah aplikasi command line interpreter (CLI) yang ada di sistem operasi Windows. Tanpa menginstall program ini secara manual CMD sudah ada karena termasuk aplikasi default.

CMD jika tidak digunakan seharusnya tidak akan muncul dan terbuka sendiri. Salah satu cara untuk memunculkan CMD yaitu dengan kombinasi Windows + R dan ketik "cmd". Tetapi terkadang tab CMD sering muncul secara tiba-tiba.

Bisa muncul hanya sekian detik dan nantinya akan langsung hilang bisa juga muncul dengan banyak tab dan tidak mau hilang sendiri kecuali kita tekan close. Yang mungkin menjadi pertanyaan banyak orang ialah kenapa CMD bisa terbuka sendiri?

Sepengalaman saya Command Promt yang terbuka sendiri ada beberapa faktor. Dari faktor yang bisa kita abaikan karena ada program yang memerlukan akses CMD serta faktor yang bisa membahayakan perangkat.

Untuk tau lebih jelasnya langsung saja kalian simak penyebab yang bisa menyebabkan CMD muncul sendiri. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara memunculkan keyboard di layar Komputer dan Laptop serta cara servis Laptop yang benar.

Penyebab Command Promt Terbuka Sendiri


1. Karena Ada Program Yang Membutuhkan CMD


Penyebab pertama yaitu penyebab yang bisa kalian abaikan. CMD muncul saat perangkat kalian selesai booting dan masuk di layar depan. Terkadang CMD akan muncul sekian detik dan hilang dengan sendirinya.

Tidak ada yang perlu kalian khawatirkan tentang masalah ini. Hal itu sangat wajar terjadi apalagi jika spesifikasi perangkat yang kalian miliki sangat pas-pasan. Dan CMD yang muncul setelah booting sangat jarang terjadi.

2. Error


Penyebab berikutnya karena error. Error disini mencangkup banyak hal. Saya tidak akan menjelaskan secara detail akan tetapi ketika error biasanya CMD akan muncul beberapa tab bisa sampai 10 tab bahkan lebih.

Error munculnya CMD dalam jumlah yang banyak menyebabkan perangkat tidak bisa dioperasikan. Jika kalian tidak bisa menekan tombol shut down di layar kalian bisa mematikan perangkat yang kalian miliki secara paksa.

3. Virus


Dan yang terakhir karena Laptop atau Komputer yang kalian miliki terindikasi terkena virus. Hampir sama seperti error yang sudah saja sebutkan tadi, akan tetapi jika terindikasi terkena virus atau malware tidak hanya tab CMD yang muncul.

Beberapa aplikasi yang tidak kalian buka akan terbuka sendiri bahkan terkadang ada program yang tidak kalian install akan muncul yang menandakan memang perangkat kalian sudah terkena virus dan malware.

Itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan CMD terbuka sendiri. Penyebab diatas adalah penyebab yang umum terjadi, karena sebenarnya masih banyak penyebab CMD terbuka sendiri secara tiba-tiba.

Misalnya kalian penasaran dan ingin tau masalahnya dimana kalian bisa mencoba melakukan troubleshooting. Dengan troubleshooting masalah yang ada di Windows biasanya akan terdeteksi oleh sistem dan kalian hanya perlu memperbaikinya saja.


EmoticonEmoticon