Pengertian Strategi Jemput Bola dan Tunggu Bola Dalam Bisnis

Pengertian Strategi Jemput Bola dan Tunggu Bola Dalam Bisnis

KEPOINDONESIA.id - Memulai sebuah Bisnis bukanlah perkara yang mudah. Banyak sekali para pemula yang gagal saat mencoba terjun ke dunia Bisnis walaupun sebenarnya mereka belum gagal. Dalam memulai Bisnis dan Usaha tidak ada yang mudah dan cepat, semua butuh proses.

Karena yang kita lakukan memulai bukan meneruskan atau membantu. Salah satu cara belajar mengenai Bisnis secara mandiri yaitu lewat internet. Walaupun kurang lengkap dan tidak terlalu efektif bagi sebagian orang, tetapi itu lebih baik dari pada tidak belajar sama sekali.

Saya sendiri pernah membahas mengenai istilah Pecah Telor. Pecah Telor adalah salah satu pencapaian dan motivasi supaya kita lebih giat dan berusaha lagi dalam memulai Usaha dan Bisnis.

Selain Pecah Telor ternyata ada istilah lain yang serupa, yaitu Jemput Bola dan Tunggu Bola. Keduanya adalah strategi pemasaran atau marketing yang wajib diketahui oleh para pemula dalam dunia Bisnis dan Usaha. 

Menjemput Bola dan Menunggu Bola adalah strategi yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi strategi tersebut akan sangat cocok jika Bisnis yang kalian jalankan mendukung dengan salah satu strategi tadi.

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya jelaskan apa yang dimaksud pelayanan Jemput Bola dan Tunggu Bola atau apa yang arti teknik pemasaran Tunggu Bola dan Jemput Bola.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti penjelasan mengenai promo Beli 2 Gratis 1 serta pengertian layanan buka 24/7.

Strategi Jemput Bola Dalam Bisnis


Singkatnya strategi ini mewajibkan pebisnis aktif dalam mencari customer atau pelanggan. Dari pada menunggu pelanggan datang, lebih baik mencari pelanggan supaya produk atau jasa yang mereka tawarkan di lirik konsumen.

Kelebihan dari teknik Jemput Bola sangat banyak, salah satunya dapat mendapatkan konsumen yang tertarget. Selain itu strategi ini cukup cepat dalam memasarkan atau menjual produk secara cepat.

Lalu apa contoh Bisnis atau Usaha yang menggunakan strategi Jemput Bola?. Ada banyak sekali contohnya, misalnya sales produk rumah tangga yang menawarkan produk door to door atau agen asuransi jiwa.

Strategi Tunggu Bola Dalam Bisnis


Seperti namanya yaitu Menunggu, strategi Tunggu Bola adalah strategi yang mengharuskan kita menunggu customer atau pelanggan datang, menghubungi, atau membeli produk yang kita miliki.

Tunggu Bola tidak cocok untuk kalian yang baru memulai Bisnis atau Usaha tanpa modal yang besar. Karena tanpa nama brand atau produk yang kuat maka tidak akan ada pelanggan yang akan datang.

Oleh karena itu butuh biaya promosi jika ingin menerapkan strategi Tunggu Bola. Kecuali produk atau Bisnis yang kalian jalankan sudah sangat terkenal. Apa contohnya? contohnya seperti tukang potong rambut dan service elektronik.

Nah itu dia penjelasan saya mengenai strategi pelayanan Jemput Bola dan Tunggu Bola. Misalnya kalian memiliki layanan jasa barbershop, kalian hanya perlu Tunggu Bola saja karena nantinya pelanggan akan datang sendiri.

Sedangkan jika kalian berusaha menjual telor asin, lebih baik kalian menggunakan strategi Jemput Bola supaya calon pelanggan mengetahui tentang produk yang kalian miliki. Cukup sekian pembahasan saya kali ini semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon