4 Cara Memunculkan Pembaruan MIUI Yang Hilang

4 Cara Memunculkan Pembaruan MIUI Yang Hilang

KEPOINDONESIA.id - Pembaruan MIUI terbaru adalah salah satu pembaruan yang paling di tunggu-tunggu oleh pengguna HP Xiaomi. Karena di versi terbaru pasti MIUI memiliki fitur yang unik dan menarik yang sangat memanjakan para penggunanya.

Selain pembaruan atau update MIUI pihak Xiaomi juga rutin memberikan update patch keamanan walaupun tidak setiap bulan. Tidak seperti HP Android yang tergabung dalam project AndroidOne yang pasti mendapatkan update patch keamanan selama 3 tahun.

Tetapi ada yang unik tentang pembaruan yang ada di Xiaomi. Karena di beberapa kasus setelah sistem update muncul tetapi oleh pengguna tidak langsung di update maka terkadang paket pembaruan tersebut hilang.

Singkatnya begini, pagi hari kalian cek mendapatkan pembaruan MIUI versi terbaru dan karena kalian belum memiliki kuota lebih maka kalian biarkan terlebih dahulu. Setelah kalian cek lagi malam hari karena sudah ada kuota lebih tetapi paket pembaruan tersebut sudah tiada ada.

Kasus seperti ini sangat sering terjadi di HP Xiaomi yang terkadang membuat penggunanya menjadi kebingungan. Sebenarnya tidak hanya di Xiaomi karena HP Android dari merk lainnya seperti Samsung, Asus, dan Oppo juga sering mengalaminya.

Tetapi saya rasa yang paling sering yaitu HP Android dari Xiaomi. Lalu bagaimana cara memunculkan updater Xiaomi yang hilang? Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan supaya pembaruan sistem yang hilang muncul lagi.

Namun sebelum lanjut ke solusinya kalian bisa baca beberapa artikel lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi tidak bisa download pembaruan Xiaomi serta cara cek patch keamanan Android sudah terbaru atau belum.

Cara Mengembalikan Pembaruan Xiaomi Yang Hilang


1. Tekan Terus Periksa Pembaruan


Cara pertama yang bisa kalian coba yaitu melakukan pemeriksaan pembaruan secara terus menerus. Kalian cukup akses menu pembaruan dan menekan periksa pembaruan terus menerus dengan harapan pembaruan yang hilang muncul kembali.

Selain itu kalian bisa periksa secara berkala siapa tau pembaruan tersebut muncul lagi dan kalian harus langsung mengunduh pembaruan tersebut supaya tidak hilang untuk kedua kalinya.

2. Lakukan Reboot


Berikutnya kalian bisa mencoba restart/reboot/atau mulai ulang perangkat yang kalian gunakan. Cara ini supaya HP kita terhubung dengan server Xiaomi dan berharap pembaruan yang hilang muncul lagi.

3. Pastikan Bahwa Perangkat Kalian Mendapatkan Update


Seperti yang kalian tau masing-masing tipe HP akan mendapatkan waktu update yang berbeda walaupun dari merk yang sama. Sebagai contoh antara Redmi 8 dan Redmi 8a. Jika kalian melihat Redmi 8 milik teman kalian mendapat update kalian tidak usah bingung kenapa kalian tidak mendapatkannya.

Oleh karena itu pastikan bahwa tipe perangkat yang kalian miliki sudah mendapatkan update atau pembaruan MIUI terbaru. Jika belum waktunya maka percuma saja kalian menekan periksa pembaruan atau melakukan reboot perangkat secara terus menerus.

4. Update Manual


Yang terakhir kalian bisa melakukan update manual. Ada banyak sekali cara untuk melakukan update manual oleh karena itu saya tidak akan membahasnya. Karena yang perlu kalian tau ini salah satu cara jika pembaruan tersebut tidak muncul lagi setelah sekian minggu atau bulan.

Nah itu dia beberapa solusi untuk mengatasi pembaruan sistem Xiaomi yang tiba-tiba hilang dan tidak mau muncul kembali. Saya sendiri heran kenapa Xiaomi merilis sebuah pembaruan jika akhirnya akan ditarik lagi di beberapa pengguna.

Semoga penjelasan saya kali ini bermanfaat dan membantu kalian yang mengalami masalah seperti diatas. Aplikasi hibernasi seperti Greenify tidak bekerja di Xiaomi? kalian bisa baca kenapa aplikasi Greenify tidak mau bekerja.


EmoticonEmoticon