3 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Google Drive Penuh

3 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Google Drive Penuh

KEPOINDONESIA.id - Mungkin kalian pernah menerima email yang isinya tentang penyimpanan akun Google yang hampir penuh. Jika memang ruang penyimpanan akun Google hampir penuh dan tidak kalian atasi maka email tersebut akan selalu dikirimkan ke alamat email terkait.

Salah satu yang menyebabkan ruang penyimpanan di akun Google penuh yaitu karena layanan Google Drive. Sering kali pengguna tidak sadar mengcopy file yang memiliki ukuran besar dan tidak sadar itu memakan ruang penyimpanan Google Drive.

Walaupun kalian tidak mengunggah file tersebut secara langsung akan tetapi jika file atau apapun itu yang ada di Google Drive tersalin ke Drive kalian maka ruang penyimpanan Google Drive yang kalian miliki akan terus berkurang.

Salah satu cara untuk mengatasi ruang penyimpanan Google Drive penuh yaitu menghapus file yang tidak penting yang tersalin secara tidak sengaja seperti film atau aplikasi. Sedangkan untuk mengatasi memori penuh di akun Google ada 3 cara yang bisa kalian coba.

Seperti yang kalian ketahui Google Drive adalah layanan dari Google, ada 2 layanan lagi yang menggunakan penyimpanan dari Google yaitu Gmail dan Google Foto. Oleh karena itu kali ini saya akan memberikan tips untuk mengatasi penyimpanan Google yang penuh.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya mengenai layanan Google. Seperti cara melihat kontak yang tersimpan di Gmail serta cara mengakses Google Drive dari Laptop dan Komputer.

Cara Mengosongkan Penyimpanan Akun Google Supaya Tidak Penuh


Hapus File Tidak Berguna di Google Drive


Cara pertama yaitu menghapus file yang ada di Google Drive. Karena hampir 95% rata-rata penyimpanan akun Google terpakai untuk layanan Google Drive. Kalian bisa memulainya dengan menghapus file-file yang tidak sengaja kalian salin.

Seperti file film, anime, dokumen, atau aplikasi. Intinya file-file yang tidak kalian unggah sendiri. Selain itu kalian wajib cek menu Sampah untuk menghapus file yang ada di Google Drive secara permanen.

Kosongkan Google Foto


Saya yakin kalian sudah tidak asing lagi dengan Google Foto. Layanan Google Foto di Android adalah layanan default yang membantu pengguna menyimpan foto dan gambar ke cloud supaya gambar dan foto tidak hilang serta bisa menghemat ruang.

Bagi kalian yang sering atau selalu menyimpan foto yang kalian miliki ke Google Foto silakan kalian cek Google Foto menggunakan ruang berapa persen. Jika banyak saran saya hapus saja foto-foto yang ada di Google Foto dan lebih baik pilih foto yang memang sangat penting dan upload ke Google Drive supaya mudah di pantau.

Kelola Email


Yang terakhir yaitu kelola penyimpanan Gmail. Email yang ada di Gmail tetap menggunakan ruang penyimpanan akun Google walaupun hanya beberapa kb saja. Walaupun sedikit kalian tetap harus menghapus email yang tidak penting supaya tidak penuh di kemudian hari.

Nah itu dia beberapa cara untuk mengatasi penyimpanan Google Drive yang penuh. Selain dari Google Drive itu sendiri kalian juga bisa memantau penggunaan layanan Gmail dan Google Foto apakah memakan banyak ruang atau tidak.

Selain itu bagi kalian yang tidak tau cara menunda proses download secara benar di IDM (Internet Download Manager) kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saja jelaskan bagaimana cara menunda proses download secara aman di IDM.


EmoticonEmoticon