Contoh Kumpulan Pantun Tentang Petani dan Sawah

Contoh Kumpulan Pantun Tentang Petani dan Sawah

KEPOINDONESIA.id - Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang memiliki empat baris dalam setiap baitnya yang terdiri dari 2 baris sampiran dan 2 baris isi. Saya yakin kalian sudah tau mengenai pantun dan sering membuat pantun saat di sekolah.

Membuat pantun terbilang sangat mudah dari pada membuat sebuah puisi. Karena semua orang bisa membuat pantun baik pantun yang biasa-biasa saja sampai pantun yang bagus. Pantun dalam tiap bait memiliki 4 baris.

Baris pertama dan kedua ialah sampiran dan baris ketiga dan keempat ialah isi. Selain itu tiap baris biasanya memiliki 8 sampai 12 suku kata dan bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a. Ada banyak sekali jenis pantun yang perlu kalian ketahui.

Mulai dari pantun nasihat, pantun jenaka, pantun agama, pantun teka-teki, pantun berkasih, dan pantun anak. Sedangkan yang akan saya bahas kali ini yaitu pantun tentang pertanian atau tentang sawah.

Seperti yang kalian ketahui objek pertanian dan sawah salah satu objek yang paling sering digunakan dalam cerita, puisi, atau pantun. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas mengenai pantun pertanian.

Namun sebelumnya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti perbedaan antara daring dan luring serta apa perbedaan dari rangkuman dan ringkasan.

Contoh Pantun Pertanian


Dari bertani pulang menuju ladang

Membawa unggas bergombak bauk

Pergi pagi pulangnya petang

Membawa beras upah menumbuk


Malas bekerja malas menanam

Pergi ke sawah sebelum pergi

Bapak petani yang rajin menanam

Waktu panen rasa senang dihati


Senja turun cukuplah bertani

Dalam hati terselip doa

Para penguasa dengarlah ini

Berdamailah demi kami semua


Petani sedang menanam padi

Sambil menyanyi senang sekali

Hari ini waktunya pergi

Pergi menjual hasil bertani


Indahnya pemandangan sawah

Sawah ini milik saudara

Susah senang pergi ke sawah

Ada waktunya untuk bahagia

Nah itu dia pantun tentang petani dan sawah. Kalian bisa belajar membuat pantun pertanian dengan mengambil referensi pantun saya sudah saja jelaskan diatas. Seperti yang sudah saya katakan tadi membuat pantun sangatlah mudah.

Selain pantun mungkin kalian juga perlu tau tentang tembang macapat yaitu tembang pucung. Saya sudah membuat artikel tentang tembang pucung lengkap dengan guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.


EmoticonEmoticon