3 Cara Mengatasi Tidak Mendapatkan Kode Verifikasi LinkAja

3 Cara Mengatasi Tidak Mendapatkan Kode Verifikasi LinkAja

KEPOINDONESIA.id - LinkAja atau yang dulu dikenal dengan TCASH kini menjadi salah satu dompet digital yang populer di Indonesia selain OVO dan DANA. Walau masih kalah dengan DANA dan OVO kepopulerannya, namun LinkAja memiliki para pengguna setia tersendiri.

Baik LinkAJA, OVO, dan DANA memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya sendiri sudah memiliki ketiga akun dompet digital tersebut dengan jenis akun Premier dan Premium.

Berhubung LinkAja merupakan dompet digital kolaborasi dengan BUMN, saya rasa walaupun sekarang masih kalah populer namun untuk kedepannya pasti akan bersaing ketat dengan kedua dompet digital lainnya yang sudah dulu populer.

Sama seperti e-wallet lainnya, ternyata LinkAja ini juga sering ada masalah saat proses login. Kendala saat ingin masuk ke akun LinkAja ialah tidak mendapat kode verifikasi LinkAja ke nomor yang terdaftar. Jika kita tidak mendapatkan kode verifikasi LinkAja maka kita tidak akan bisa masuk ke akun milik kita.

Walaupun masalah ini memang sering terjadi di akun apa saja yang wajib menggunakan kode verifikasi untuk bisa masuk atau sebagai keamanan kedua, namun terkadang penyebabnya sedikit berbeda. Banyak juga yang sama penyebab kenapa kode verifikasi ini tidak muncul.

Saya sendiri sudah pernah membahas mengenai solusi jika kode verifikasi Shopee tidak masuk dan penyebab kenapa kita tidak bisa menerima kode OTP. Jadi sebelum lanjut ke pembahasan tentang kode verifikasi LinkAja mungkin saja kalian bisa baca 2 artikel tersebut terlebih dahulu.

Langsung saja kalian bisa simak solusi HP tidak menerima SMS kode verifikasi dari LinkAja. Semoga beberapa cara yang akan saya jelaskan ini cukup membantu kalian. Dan jika sudah masuk ke akun LinkAja, jangan logout atau keluar akun jika tidak diperlukan.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi LinkAja Tidak Masuk


1. Pastikan Input Nomor Dengan Benar


Kesalahan menginput nomor sering terjadi yang menyebabkan kode verifikasi tidak akan masuk ke nomor kita. Jadi jika kalian salah input nomor satu angka saja dan berbeda dengan nomor yang terdaftar, maka kode verifikasi akan nyasar ke nomor yang salah tadi jika nomor tersebut aktif.

Jika nomor salah, silakan kalian kembali dan coba input dengan benar. Selain salah input nomor, kesalahan jumlah digit nomor yang kurang atau kebanyakan 1 angka juga sering terjadi. Apalagi jika nomor kalian sebenarnya 13 digit namun ingatnya 12 digit hal ini juga sering terjadi.

2. Input Nomor Tanpa 0


Karena biasanya sudah ada +62, maka saran saya untuk menginput nomor tanpa angka 0 karena angka 0 sudah diwakilkan oleh +62 tadi. Namun jika kita menginput dengan angka 0 menjadi +620 terkadang di beberapa kasus kode verifikasi atau kode OTP tetap saja masuk.

Atau jika awalnya kalian menginput dengan angka 0 lalu tidak masuk kode verifikasinya dan sudah ditunggu beberapa saat tetap saja tidak masuk, kalian bisa mencoba tanpa angka 0. Dan sebaliknya jika awalnya tanpa angka 0 kalian bisa menambahkan angka 0.

3. Pastikan Nomor dan Perangkat Kita Bisa Menerima SMS


Yang terakhir yaitu pastikan nomor kita dapat menerima SMS dan HP kita juga bisa menerima SMS. Maksud nomor bisa menerima SMS yaitu tidak dalam masa tenggang atau jaringan tersedia dan dapat menerima SMS masuk.

Sedangkan jika HP bisa menerima SMS yaitu memori HP kita cukup untuk menerima SMS. Saya dulu pernah mengatakan bahwa jika memori internal benar-benar habis tinggal sisa 0 MB maka HP kita tidak akan bisa menerima SMS, untuk membuka aplikasi saja tidak bisa.

Nah itu dia beberapa solusi untuk mengatasi kode verifikasi LinkAja tidak masuk atau kita tidak menerima kode verifikasi LinkAja saat login. Intinya jangan panik, saya yakinkan lagi kejadian kode verifikasi tidak masuk ini memang sering terjadi.

Bukan hanya di LinkAja saja. Di OVO, Facebook, sampai WhatsApp pun sering terjadi hal seperti itu. Karena saya yakin setiap detik ada banyak orang yang ingin login dan membutuhkan kode verifikasi ini.

Dan jika kalian baru mendaftar akun LinkAja dan bingung bagaimana cara verifikasi email yang terdaftar, kalian bisa baca cara verifikasi email akun LinkAja. Karena awalnya saya juga bingung untuk tampilan verifikasi email LinkAja sedikit berbeda seperti pada verifikasi email akun pada umumnya.


EmoticonEmoticon