Mengenal Arti Kata Dab, Ndes, Gondes, Mendes, dan Cuk

Mengenal Arti Kata Dab, Ndes, Gondes, Mendes, dan Cuk

KEPOINDONESIA.id - Dalam menyapa seseorang sering kali kita menyebutkan nama asli, nama panggilan atau dengan sebutan lainnya yang cukup populer dan sering digunakan pada daerah tersebut. Mungkin untuk sekarang yang sering kita dengar ialah sapaan Bro dan Guys.

Nyatanya masih banyak kalimat sapaan selain Bro dan Guys yang biasanya hanya di ucapkan oleh orang-orang dari daerah atau wilayah tertentu. Sebagai contoh jika di Jawa Tengah menggunakan istilah Mas, namun untuk daerah Jawa Barat menggunakan kalimat Bang.

Jadi kali ini saya akan membahas mengenai istilah sapaan atau kalimat sapaan yang cukup populer selain Bro dan Guys yaitu Dab, Ndes, Mendes, Gondes dan Cuk. Mungkin jika kalian ingat, sekitar tahun 2010 penggunaan kata "Dab" ini cukup populer sekali.

Namun untuk sekarang sudah jarang, hanya beberapa orang saja yang masih menggunakannya. Sedangkan untuk "Cuk" dan "Gondes", "Mendes", atau "Ndes", bisa dibilang logat saja. Jadi jika bukan orang sekitar maka kita tidak akan terbiasa menggunakan kalimat tersebut.

Lalu apa arti Dab, Ndes, Mendes, Gondes, dan Cuk. Apakah kelima kata tersebut merupakan singkatan atau bukan? Jadi kali ini saya akan membahas itu semua sepengetahuan saya saja, jadi jika ada kekeliruan mohon dimaklumi.

Namun sebelum kita lanjut ke pembahasan kalian bisa baca beberapa istilah lainnya seperti kepanjangan dari OTW, BTW, dan WTB serta arti dari ungkapan pecah telor dalam jual beli atau dagang.

Ndes


Yang pertama yaitu Ndes, Ndes sendiri memiliki arti Ndesa, atau bisa dibilang Kampungan. Namun dalam penggunaannya, sebenarnya tidak memiliki arti kampungan, hanya saja menurut orang yang sering mengucapkan kalimat tersebut karena mudah diucapkan saja.

Gondes


Masih sama seperti Ndes, namun hanya ketambahan kata Gondrong saja. Jadi Gondes ialah Gondrong Ndesa. Biasanya kalimat ini untuk meledek atau ucapan tambahan yang di ucapkan jika sedang berbicara dengan laki-laki.

Mendes


Sama seperti Ndes dan Gondes. Mendes memiliki arti Menthel Ndesa. Mentel sendiri artinya genit, jadi Mendes adalah gadis desa yang genit. Namun dalam penggunaannya tidak seperti itu. Berbeda dengan Gondes yang digunakan untuk laki-laki, sedangkan Mendes digunakan jika berbicara dengan perempuan.

Dab


Sedangkan Dab ini bisa disamakan dengan Mas dan Bang yang merupakan kata tambahan untuk orang laki-laki yang lebih dewasa. Untuk asal usul Dab ini saya sendiri tidak tau, namun intinya Dab merupakan kata tambahan untuk orang laki-laki yang lebih dewasa seperti Mas dan Bang.

Cuk


Cuk ini berasal dari kata Jancuk. Untuk artinya sendiri saya tidak tau, namun kalimat tersebut biasanya bisa kita temui di Jawa Timur seperti Surabaya. Saya rasa Cuk ini hanya kata tambahan saja, yang tidak memiliki arti apa-apa.

Nah itu dia bahasa gaul dari masing-masing daerah. Untuk Ndes, Gondes, dan Mendes setau saya sering digunakan oleh orang-orang Semarang dan sekitarnya. Untuk Dab orang dari Yogyakarta, sedangkan untuk Cuk atau Jancuk sering digunakan oleh orang Jawa Timur seperti Surabaya.


EmoticonEmoticon