Penyebab Tidak Bisa Menambah Kontak Baru Karena Tidak Bisa Tersimpan

Penyebab Tidak Bisa Menambah Kontak Baru Karena Tidak Bisa Tersimpan

KEPOINDONESIA.id - Menambah atau menyimpan nomor telepon orang ke daftar kontak kita penting dilakukan jika orang tersebut penting atau kita kenal. Hal ini supaya bisa tau bahwa nomor tersebut dari orang yang kita kenal saat kita menerima SMS atau Telepon dari kontak tersebut.

Selain itu kontak telepon juga terhubung dengan aplikasi WhatsApp, jadi jika ada nomor yang sudah memiliki akun WhatsApp di daftar kontak kita maka namanya akan langsung muncul sesuai nama yang kita buat di daftar kontak telepon.

Namun sayangnya sering terjadi kontak tidak bisa tersimpan atau kontak tidak bisa disimpan saat menambahkan kontak baru. Tidak bisa menyimpan kontak atau tidak bisa menambah kontak sering kita alami jika daftar kontak kita sudah cukup banyak.

Namun jika kontak kita masih sedikit, bisa saja kita juga tidak bisa menyimpan kontak baru karena beberapa faktor. Jadi jika kalian bertanya kenapa kontak tidak bisa menyimpan nomor baru? jawabannya ada beberapa penyebab.

Jadi kali ini saya akan membahas penyebab tidak dapat menyimpan kontak. Sebelumnya saya juga pernah membahas cara edit kontak di WhatsApp, jadi jika kalian belum tau cara edit nama, nomor WA orang kalian bisa langsung baca saja.

Namun sebelum kita lanjut ke penyebab dan kenapa tidak bisa menyimpan nomor telepon di HP, kalian bisa baca beberapa artikel terlebih dahulu. Seperti cara kirim pesan teks kosong dan cara cek kelayakan halaman Facebook untuk ADBreak.

Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Menyimpan Kontak Baru


1. Penyimpanan Kontak Sudah Penuh


Penyebab pertama yaitu karena lokasi penyimpanan kontak sudah penuh. Setau saya maksimal kontak yang bisa disimpan itu sekitar 250 untuk di kartu SIM. Jadi jika SIM Card tidak bisa menyimpan kontak baru mungkin saja sudah melebihi batas.

Sedangkan untuk lokasi penyimpanan di telepon, mungkin bisa sampai 1000 kontak. Jadi jika sudah genap 1000 kontak kemungkinan tidak bisa menambah kontak di Android bisa saja terjadi.

Namun jika kalian sering gonta-ganti HP dan daftar kontaknya sedikit, saya sarankan di simpan di kartu SIM saja. Baik Indosat Ooredoo, Telkomsel, Smartfren, AXIS, 3, dan XL Axiata setau saya hanya bisa 250 kontak, namun itu sudah cukup banyak jika tidak ada duplikat kontak.

2. Internal Memori Penuh


Jika memori internal di HP kita penuh maka kita tidak akan bisa menyimpan kontak baru? Kenapa begitu, karena menyimpan kontak perlu ruang walaupun sedikit, jadi jangan sampai internal memori kalian penuh.

Jika penuh, untuk menerima SMS dan Panggilan masuk saja sering tidak bisa apalagi membuka aplikasi dan menambah kontak baru. Jadi sisakan memori internal diatas 100 MB untuk kinerja perangkat kalian.

3. Nama Kontak Terlalu Panjang


Berikutnya yaitu karena nama kontak yang terlalu panjang. Karena ada beberapa perangkat yang hanya bisa menyimpan 2 kata saja untuk nama kontak. Jika lebih dari 2 kata, maka kontak tidak akan bisa disimpan.

Jadi pastikan memberi nama kontak yang singkat namun nama tersebut kalian ingat bahwa kontak tersebut milik orang tersebut.

4. Nomor Tidak Valid


Nomor tidak valid maksutnya jika nomor telepon seluler wajib memiliki jumlah digit 10-13 nomor, atau jika nomor darurat nomor tersebut harus benar dan tidak salah. Karena jika nomor yang ingin kita simpan tidak valid maka tidak akan bisa tersimpan.

Nah itu beberapa penyebab dan cara mengatasi tidak bisa menyimpan kontak baru. Mulai dari faktor penyimpanan sampai faktor validasi nomor. Dan jika kalian ingin menyimpan kontak ke kartu SIM, namun kontak kartu SIM penuh kalian bisa menggunakan kartu yang lain saja.

Dan juga jika kalian ingin tau berapa hari pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia, kalian bisa baca perkiraan pengiriman barang dari luar negeri sampai ke Indonesia dan di terima oleh kita. Karena masih banyak yang mengira bahwa pengiriman dari luar negeri sama seperti pengiriman lokal Indonesia.


EmoticonEmoticon