Arti Ungkapan Lepas Tangan, Panjang Tangan, Berat Tangan, Sembunyi Tangan, dan Turun Tangan

Arti Ungkapan Lepas Tangan, Panjang Tangan, Berat Tangan, Sembunyi Tangan, dan Turun Tangan

KEPOINDONESIA.id - Banyak sekali ungkapan yang sering kita dengar dalam keseharian ataupun dalam suatu cerita ataupun cerpen. Mulai dari ungkapan yang bisa kita definisikan secara nalar, ataupun ungkapan yang kita ketahui artinya dari orang lain.

Lalu apa itu yang disebut Ungkapan?. Ungkapan sendiri adalah gabungan kata yang makna dari kata tersebut sudah menyatu. Jadi gabungan kata tersebut akan membentuk arti baru yang tidak berhubungan dengan kata pembentuk dasarnya.

Ungkapan sendiri merupakan gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna tersendiri. Nah untuk kata-kata ungkapan yang akan saya bahas artinya kali ini yaitu ungkapan yang ada hubungannya dengan tangan.

Seperti ungkapan Tangan Kanan, Lepas Tangan, Panjang Tangan, Berat Tangan, Sembunyi Tangan, dan Turun Tangan. Pasti dari kalian pernah mendengar semua ungkapan tersebut, minimal 3 ungkapan pasti pernah kalian dengar.

Jadi kali ini saya akan mengartikan semua ungkap atau peribahasa diatas, supaya kalian juga tau maknanya apa. Namun sebelum itu kalian bisa baca kumpulan cerpen keindahan alam dan contoh cerpen dunia pertanian.

Lepas Tangan

Nah untuk yang pertama ialah ungkapan Lepas Tangan. Arti ungkapan ini ialah tidak mau tau atau tidak mau bertanggung jawab. Jadi orang yang lepas tangan ialah orang yang tidak mau tau soal suatu perkara atau tidak mau bertanggung jawab atas perkara tersebut.

Panjang Tangan

Untuk yang satu ini merupakan ungkapan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Jadi arti Panjang Tangan ialah suka mengambil barang milik orang lain, atau istilah kasarnya suka mencuri. Jadi orang yang panjang tangan bisa dibilang orang yang suka mencuri.

Berat Tangan

Sedangkan berat tangan mengartikan bahwa orang tersebut saat melakukan tindakan atau kegiatan tidak terlihat senang hati, atau tidak rela atau tidak ikhlas. Jadi bisa dibilang orang tersebut malas melakukan kegiatan tersebut, namun untuk kegiatan lainnya tidak.

Sembunyi Tangan

Nah untuk Sembunyi Tangan ini hampir sama seperti Lepas Tangan. Namun untuk lepas tangan tidak semua orang yang lepas tangan adalah pelaku, namun berbeda dengan sembunyi tangan. Jadi arti sembunyi tangan adalah orang yang tidak mau bertanggung jawab atas perbuatannya.

Selain tidak mau bertanggung jawab, biasanya orang yang sembunyi tangan juga tidak mau mengakui kesalahannya dan cenderung melemparkan kesalahannya ke orang lain.

Turun Tangan

Turun Tangan sendiri memiliki makna ikut membantu. Namun terkadang makna ini bisa menjadi positif dan negatif, tinggal siapa orang yang turun tangan. Jika Kepala Kepolisian turun tangan membubarkan pendemo, itu memiliki makna yang positif.

Namun jika Pimpinan Penjahat turun tangan untuk mengusir warga yang ingin digusur, itu memiliki makna yang negatif.

Selain beberapa ungkapan diatas, ada ungkapan lainnya yaitu Tangan Kanan yang memiliki makna orang terpercaya. Atau lebih simpelnya orang yang dipercayai. Jadi itu dia beberapa ungkapan atau peribahasa yang bisa saya jabarkan arti dan maknanya.

Dan juga jika kalian tidak tau arti tiket HTM dan tiket OTS, kalian bisa baca perbedaan HTM dan OTS dalam tiket acara. Mungkin saja kalian keliru tentang HTM dan belum tau apa itu yang disebut tiket OTS.


EmoticonEmoticon