Sabtu, 21 September 2019

Contoh Iklan Bahasa Jawa Ngoko & Krama Alus Versi Jadul Beserta Gambar

Contoh Iklan Bahasa Jawa Ngoko & Krama Alus Versi Jadul Beserta Gambar

KEPOINDONESIA.id - Iklan merupakan media promosi yang bisa dibilang paling populer digunakan untuk mempromosikan suatu produk secara cepat. Jenis iklan pun berbeda-beda, ada iklan Media Cetak, Radio, TV, sampai iklan baris. Jika iklan biasanya mungkin saja kalian sering melihatnya, namun bagaimana jika iklan bahasa Jawa?

Iklan yang menggunakan bahasa jawa sulit sekali ditemui. Baik perusahaan besar sampai UMKM lebih sering menggunakan bahasa Indonesia, malah ada juga yang menggunakan bahasa Inggris namun Grammarnya salah dan kesannya menjadi lucu.

Selain itu kini banyak iklan yang dibuat dengan kesan yang nyeleneh dan lucu supaya pembeli lebih tertarik ke iklannya bukan ke produk yang di iklankan. Untuk iklan berbahasa Jawa yang ingin saya bagikan yaitu iklan bahasa Jawa bergambar bukan tertulis.

Iklan ini saya kumpulkan dari beberapa sumber, jadi saya tidak bisa mencari iklan bahasa Jawa yang banyak dicari seperti iklan produk susu, makanan, minuman, kesehatan, ataupun tentang Pendidikan.

Jadi contoh iklan yang saya dapatkan random alias acak, baik yang menggunakan bahasa Jawa Ngoko atau Krama Alus. Namun sebelum kalian lihat kumpulan iklannya, kalian bisa baca kumpulan cerpen tentang petani serta arti sugeng riyadi dan 2 pengertian THR saat Hari Raya Idul Fitri.

Kumpulan Iklan Bahasa Jawa Lengkap


Iklan Susu Lactogen


Iklan Bahasa Jawa Susu Lactogen

Iklan Teh Sepeda Balap


Iklan Teh Sepeda Balap

Iklan Aspirin


Iklan Aspirin

Iklan Motor Jawa


Iklan Motor Jawa

Iklan Opelette (Oplet)


Iklan Opelette (Oplet)

Iklan Warung Nasi Uduk


Iklan Warung Nasi Uduk

Iklan Lampu Osram


Iklan Lampu Osram

Nah itu dia beberapa iklan bahasa Jawa versi jaman dulu. Sepertinya iklan-iklan diatas merupakan iklan pada tahun 90an. Ada yang menggunakan bahasa Jawa Ngoko dan ada yang menggunakan Krama Alus. Font pada iklan jaman dulu pun bisa dibilang rata-rata italic, jadi agak sulit dibaca.


EmoticonEmoticon