Rabu, 24 April 2019

Bahaya! Jangan Klik Video .bz Yang Dibagikan Orang di Facebook Jika Data Kamu Tidak Ingin Dicuri

Bahaya! Jangan Klik Video .bz Yang Dibagikan Orang di Facebook Jika Data Kamu Tidak Ingin Dicuri

KEPOINDONESIA.id - Belakangan ini saya melihat bahwa di grup Facebook banyak dari beberapa akun yang membagikan video tanpa caption di beberapa grup yang saya gabung. Video tersebut tidak memiliki nama yang jelas dan orang yang membagikan juga tidak memberikan sebuah caption satu pun. Video tersebut berformat video.bz.

Beberapa hari yang lalu saya hanya melihat di satu grup saja orang yang membagikan video berformat .bz tersebut, namun sampai kemarin ternyata sudah menyebar cukup luas di beberapa grup yang memiliki kesamaan nama dan tanpa caption sama sekali.

Perbedaan dari 1 akun yang membagikan atau mengirim video tersebut hanya di belakang nama video terdapat beberapa jumlah angka. Seperti video_13592.bz, video_18329.bz, video_68064.bz dan masih banyak yang lainnya. Beberapa ada yang memiliki caption yang menarik perhatian seperi " Wow video blablabla...".

Orang membagikan video.bz di grup Facebook

Awalnya saya kira itu hanyalah spam biasa yang disebabkan si pemilik akun FB tersebut baru saja menggunakan situs autolike atau semacamnya, karena banyak situs seperti itu yang menggunakan akun FB penggunanya untuk mempromosikan situsnya atau semacamnya.

Namun semakin saya lihat semakin sering yang mengirimkan video tersebut saya menjadi paham bahwa itu merupakan spam yang saya belum tau apa akibat jika kita melihat atau mendownload video tersebut. Orang tersebut tidak sengaja membagikan video tersebut karena terkena spam, jadi sang pemilik akun tidak mengetahuinya.

Orang mengirimkan video.bz lewat pesan Facebook

Ada yang bilang bahwa file video.bz adalah keylogger yang jika mengklik atau mendownload video tersebut akun Facebook kita akan diambil karena sifat keylogger untuk mengetahui password suatu akun. Keylogger ini dapat merekam aktifitas kita seperti aktifitas akun Facebook yang kita miliki.

Namun ternyata banyak yang berpendapat itu bukan keylogger, malah lebih berbahaya yaitu RAT. RAT yang merupakan singkatan dari Remote Access Trojan yang dapat mengkontrol serta mengambil atau menambah data komputer kalian sesuka hati. Salah satunya memasang keylogger dengan RAT.

Maka dari itu jangan sesekali mengklik atau mendownload video berfomat .bz yang dibagikan di Facebook. Selain itu spam dari video.bz ini tidak hanya di grup saja tetapi telah menyerang secara personal melalui Inbox atau Messages.


EmoticonEmoticon