Jumat, 09 November 2018

Inilah Tanda-Tanda Akan Turun Hujan Lebat Yang Disertai Angin Kencang dan Petir

Hujan

KEPOINDONESIA.id - Musim penghujan akan segera tiba, musim yang ditunggu-tunggu para petani untuk menanam padi. Petani sendiri biasanya menanam padi atau panen 2 sampai 3 kali dalam 1 tahun. Jadi semakin cepat turun hujan semakin cepat petani menanam padi.

Indonesia sendiri merupakan negara tropis yang mempunyai 2 musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Namun, baik musim penghujan dan musim kemarau yang sekarang beda dengan musim kemarau dan penghujan pada beberapa tahun yang lalu. Musim kemarau sekarang sangatlah kering dan musim penghujan sangat berlebihan.

Penyebabnya yaitu pemanasan global yang semakin parah. Pemanasan global tidak boleh diremehkan, jika pemanasan global semakin parah dapat menyebabkan es yang terdapat dikutub akan mencair dan akan membanjiri seluruh dunia. Ciri tersebut sudah terlihat dengan naiknya debit air laut. Hujan sendiri terjadi karena ada proses kondensasi dari udara yang terjadi di lapisan atmosfer.

Untuk memprediksi hujan sendiri sudah ada BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) yang bisa dilihat di situs resminya ataupun lewat aplikasi. Namun untuk memprediksi akan terjadinya hujan lebat dan disertai angin sangatlah susah. Kadang hanya hujan menipu yang cuma hujan biasa ataupun hanya hujan dengan kapasitas deras namun hanya seketika.

Jadi, berikut ini beberapa tanda-tanda akan turunnya hujan lebat maupun deras ataupun hujan lebat yang disertai angin kencang. Ini tidak semuanya benar, hanya saja mungkin hal-hal tersebut yang sering terjadi sebelum hujan lebat turun.

1. Terasa Hawa Dingin Yang Mencekam


Terasa Hawa Dingin Yang Mencekam

Sudah tidak aneh lagi jika suasana menjadi dingin pasti akan terjadi turun hujan. Ini disebabkan oleh air yang terbawa angin yang berubah menjadi udara yang dingin. Untuk ciri ini, jika turun hujan biasa pun akan terasa.

2. Terdengar Suara Gemuruh Besar


Terdengar Suara Gemuruh Besar

Gemuruh besar akan menandakan hujan akan turun lama yang kemungkinan akan terjadi hujan lebat. Germuruh atau Guntur terjadi karena hawa panas dan hawa dingin yang bertemu di atmosfer dan terjadilah gemuruh yang biasanya disertai kilat ataupun petir.

3. Awan Berubah Mendung Dengan Awan Hitam Di Satu Arah


Awan Berubah Mendung Dengan Awan Hitam Di Satu Arah

Jika mendung biasa biasanya tidak akan turun hujan, ataupun jika turun hujan, palingan cuma hujan biasa. Namun jika ada sisi mendung yang berbeda " awan lebih pekat", disitulah pusat hujan tersebut. Sudah dipastikan akan terjadi hujan lebat, segera pulang jika melihat awan seperti itu untuk menghidari jika hujan tersebut memicu petir yang besar.

4. Angin dan Mendung Mulai Datang Dari Arah Laut atau Gunung


Angin dan Mendung Mulai Datang Dari Arah Laut atau Gunung

Selain awan berubah mendung dengan awan hitam di satu arah, ciri ini merupakan ciri yang paling bisa dijadikan patokan. Namun jika lokasi kalian jauh dari laut dan gunung, silakan gunakan patokan nomor 3 diatas.

5. Angin Berhembus Dari Arah Laut atau Gunung Disertai Suara Gemuruh


Angin Berhembus Dari Arah Laut atau Gunung Disertai Suara Gemuruh

Jika datangnya hujan dari arah laut atau gunung secara searah, tidak langsung turun di satu tempat, itu menandakan hujan yang turun akan lebat. Apalagi jika disertai angin dan hujan yang turun langsung deras dan dari arah laut atau gunung, bukan dari atas.

Itulah 5 tanda-tanda akan terjadinya hujan lebat yang biasanya disertai angin kencang. 5 hal tersebut tidaklah semuanya benar, namun ke 5 ciri tersebut sering terjadi saat sebelum terjadinya hujan lebat. Dan jika terjadi hujan lebat, saya sarankan lebih baik kaliam segera pulang kerumah dan jangan asal berteduh di sembarang tempat. Karena kilat ataupun pohon yang roboh dapat menimpa kalian sewaktu-waktu.

Dan jika terjadi hujan lebat disertai kilat dan gemuruh, alangkah baiknya melepaskan colokan TV yang terhubung dengan antena, apalagi menonton TV, itu sangat berbahaya. Dan jangan nyalakan lampu jika siang hari walaupun suasananya gelap. Dan berhenti dulu memaikan HP, Laptop, ataupun Komputer.


EmoticonEmoticon