Rabu, 21 November 2018

7 Manfaat dan Khasiat Tersembunyi Dari Buah Plum atau Prem

Buah Plum atau Prem

KEPOINDONESIA.id - Buah Plum atau Prem, apakah kalian pernah mendengar ada buah yang bernama Plum atau Prem? Pasti tidak pernah kan?, karena buah ini tidaklah tumbuh di Indonesia seperti buah-buahan yang lainnya. Buah Plum yang tergolong Stone Fruit berasal dari Eropa dan telah ada 40 varian dari buah Plum atau Prem ini. Sebenarnya kata Plum berasal dari bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia adalah Prem, namun kebanyakan malah menyebutnya Plum bukan Prem. Buah Plum ini banyak tersebar di Eropa dan Asia, terutama Jepang.

Untuk harga buah Plum ini tergolong murah untuk buah Import, dari pada buah-buahan Import lainnya yang tergolong mahal. Buah Plum yang tidak tumbuh di Indonesia ini ternyata memiliki sejuta khasiat lohh. Karena buah ini mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Berikut ini adalah 7 manfaat buah Plum dari sekian banyak man faat-mafaat lainnya yang tergantung dalam buah Plum ini.

1. Mengandung banyak nutrisi


Buah Plum memang sangtlah mengesankan, karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Plum mengandung lebih dari 15 bermacam vitamin dan mineral, selain serat dan antioksidan.

Berikut ini adalah Ikhtisar gizi Buah Plum 
.
Plum Segar  relatif rendah kalori, tetapi mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting. Satu buah Plum mengandung nutrisi berikut:
  • Kalori: 30
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Serat: 1 gram
  • Gula: 7 gram
  • Vitamin A: 5% dari RDI
  • Vitamin C: 10% dari RDI
  • Vitamin K: 5% dari RDI
  • Kalium: 3% dari RDI
  • Tembaga: 2% dari RDI
  • Mangan: 2% dari RDI

Selain itu, satu Plum menyediakan sejumlah kecil vitamin B, fosfor, dan magnesium.
Selain nutrizsi yang banyak,ternyata Buah Plum Kering memiliki kalori yang tinggi, dari 1 buah Plum, sekitar 1-ons (28-gram) penyajian tergandung kalori sebagai berikut:
  • Kalori: 67
  • Karbohidrat: 18 gram
  • Serat: 2 gram
  • Gula: gram 11
  • Vitamin A: 4% dari RDI
  • Vitamin K: 21% dari RDI
  • Vitamin B2: 3% dari RDI
  • Vitamin B3: 3% dari RDI
  • Vitamin B6: 3% dari RDI
  • Kalium: 6% dari RDI
  • Tembaga: 4% dari RDI
  • Mangan: 4% dari RDI
  • Magnesium: 3% dari RDI
  • Fosfor: 2% dari RDI

Secara keseluruhan, kandungan vitamin dan mineral satu porsi buah Plum sedikit berbeda. Ternyata Plum mengandung lebih banyak vitamin K serta lebih tinggi dalam vitamin B dan mineral. Selain itu, Plum tinggi kalori, serat dan karbohidrat.

2. Buah Plum dan jus Plum dapat meringankan sembelit


Plum dan jusnya sangatlah terkenal karena kemampuan mereka untuk meringankan sembelit. Hal ini sebagian disebabkan karena jumlah serat yang tinggi yang terkandung dalam buah Plum. Selain itu, serat di buah Plum sebagian besar tidak larut, yang berarti itu tidak menyatu dengan air.

Selain itu, buah Plum dan jus Plum mengandung sorbitol, yang merupakan gula alkohol dengan efek pencahar alami. Dengan memakan buah Plum akan membuat lebih efektif. Penting untuk diingat, bahwa jika makan terlalu banyak buah Plum sekaligus dapat mengakibatkan efek yang tidak diinginkan, seperti diare.

3. Buah plum kaya akan antioksidan


Plum yang kaya antioksidan, dapat membantu kalian untuk mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan oleh radikal bebas. Mereka sangat tinggi di polifenol antioksidan, yang memiliki efek positif pada kesehatan tulang dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Bahkan, beberapa studi telah menunjukkan bahwa buah Plum mengandung lebih dari dua kali jumlah antioksidan polifenol dari buah populer lainnya, seperti nektar dan persik. Banyak laboratorium dan studi telah menemukan polifenol dalam buah Plum memiliki efek anti-inflamasi yang kuat, serta kemampuan untuk mencegah kerusakan sel-sel yang sering menyebabkan penyakit.

4. Dapat menurunkan gula darah


Buah Plum memiliki sifat yang dapat membantu mengkontrol gula darah. Meskipun cukup tinggi karbohidrat, Plum tidak akan menyebabkan peningkatan besar dalam kadar gula darah. Hal ini disebabkan karena potensi mereka buah Plum untuk meningkatkan kadar adiponectin, hormon yang berperan dalam regulasi gula darah.

Serat memperlambat tingkatan di mana tubuh kalian menyerap karbohidrat setelah makan, yang dapat menyebabkan gula darah meningkat secara bertahap. Namun, pastikan untuk menjaga ukuran porsi buah Plum kalian, karena Plum memiliki kalori yang tinggi. Ukuran porsi yang wajar adalah 1/4-1/2 cangkir (44 – 87 gram).

5. Menjaga kesehatan tulang

Hal ini masih belum jelas mengapa buah Plum tampaknya memiliki efek positif pada kesehatan tulang. Namun, kandungan antioksidan dan kemampuan untuk mengurangi peradangan dianggap hal tersebut yang menyebabkan buah Plum dapat menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah Plum dapat meningkatkan kadar hormon tertentu yang terlibat dalam pembentukan tulang. Plum juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang memiliki efek pelindung tulang, seperti vitamin K, fosfor, magnesium, dan potasium.

6. Kesehatan Jantung akan terjamin


Mengkonsumsi buah Plum secara teratur dapat memiliki efek perlindungan terhadap kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian, subjek yang meminum jus buah Plum dan makan tiga atau enam buah setiap pagi selama delapan minggu dibandingkan dengan mereka yang hanya minum segelas air saat perut kosong.

Mereka yang mengonsumsi buah Plum dan jusnya secara signifikan memiliki tingkat tekanan darah yang lebih rendah,dengan kolesterol total dan kolesterol LDL “jahat” yang rendah juga daripada kelompok yang hanya meminum air putih. Studi lain menemukan bahwa pria yang telah didiagnosis dengan kolesterol tinggi memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih rendah setelah mengkonsumsi 12 prunes setiap hari selama delapan minggu.

7. Metode Diet yang enak

Buah Plum sangatlah nyaman dan mudah untuk dimasukan dalam daftar metode Diet kalian. Kalian dapat memkan buah Plum saja atau menikmatinya dalam smoothie atau salad.

Itulah beberapa manfaat dari buah Plum, dapat dimakan langsung, dijus ataupun dicampur dengan buah-buahan lainnya dan sayuran untuk dijadikan resep diet enak. Dan buah Plum ini untuk mengupasnya memiliki cara tersediri, jadi jangan sampai salah ya.


EmoticonEmoticon