Kamis, 01 November 2018

12 Hal Yang Dapat Membuktikan Jika Kamu Seorang Introvert Sejati

Ilustrasi seorang Introvert

KEPOINDONESIA.id - Banyak orang yang mengaku bahwa dirinya adalah seorang Introvert, namun kenyataannya tidak. Kalian harus tau apa sebernarnya Introvert itu. Hanya karena tidak suka bergaul dengan orang lain karena suatu hal, mereka menganggap dirinya sendiri adalah seorang Introvert.

Introvert itu bukanlah penyakit, Seorang Introvert sama seperti orang lain, seperti Ekstrovert dan Ambivert mereka mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Yang terkenal dari seorang Introvert adalah kecerdasan mereka. Mereka dapat bekerja seorang diri yang mungkin tidak bisa dikerjakan oleh sebuah kelompok ataupun tim. Sukses dengan hal yang dilakukan sendiri adalah sebuah kebanggaan baginya.

Introvert pun juga dapat catuh cinta. Jatuh cintanya seorang introvert hanya akan dirasakan oleh orang yang dicintainya. Jadi apakah kamu benar seorang Introvert atau sekedar melarikan diri dari masalah yang sedang menunggu??

Berikut ini adalah ciri-ciri atau tes yang dapat mengetahui bahwa diri kalian seorang Introvert atau sekedar melarikan diri dari masalah dan menyendiri dengan alibi mengaku sebagai seorang Introvert.

1. Kalian menikmati dan menghabiskan waktu sendirian


Kebanyakan introvert juga menikmati waktu sosial mereka, tetapi semua introvert pasti menikmati kesendirian dengan cara menghabiskan waktu sendirian. Jika waktu sendirian kalian terasa menyegarkan, damai, dan membantu kalian mengisi ulang energi, kalian mungkin seorang introvert.

2. Beberapa jenis sosialisasi sangat menguras energi


Ada kemungkinan bahwa tidak semua kegiatan sosial memengaruhi kalian dengan cara yang sama. Tetapi dengan orang-orang baru, banyak orang, atau di lingkungan yang bising, kalian mungkin akan lelah dengan cepat.

3. Melakukan pekerjaan terbaik dengan sendirian


Introvert jarang bekerja dengan baik di lingkungan yang padat. Semakin introvert lebih tertutup, semakin besar kemungkinan si introvert akan fokus secara mendalam dan menghasilkan karya yang hebat. Kalian mungkin merasa lebih kreatif, fokus, atau produktif, atau kalian mungkin dapat melakukan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Itu tidak berarti kalian tidak dapat bekerja dalam tim, tetapi seorang introvert ingin mundur ke suatu tempat yang tenang setelah pekerjaan selesai.

4. Lebih suka bergaul dengan beberapa teman dekat daripada sekelompok orang


Ini adalah mitos tentang introvert tidak suka bersosialisasi. Duduk dengan beberapa teman dekat, kalian dapat menikmati mengobrol sepanjang malam, dan kalian bahkan mungkin "tampak" seperti seorang ekstrovert. Untuk alasan apa pun, jenis interaksi ini tidak menguras energi seperti yang dilakukan orang lain.

5. Berfikir sebelum bertindak


Kalian mungkin menghabiskan banyak waktu untuk merenungkan, dan bahkan bermimpi. Atau, kalian mungkin lebih suka memikirkan berbagai hal sebelum bertindak. Tidak setiap introvert adalah seorang pemimpi atau kreatif, tetapi hampir semua memiliki seluruh dunia batin yang mereka temukan sama nyamannya dengan dunia di sekitar mereka.

6. Kalian lebih memilih untuk tetap menghindar dari interaksi sosial


Ada pengecualian untuk ini, tetapi banyak introvert lebih suka tidak berbicara dalam pengaturan kelompok besar dan lebih suka menyerahkan peran berbicara kepada orang lain. Tentu saja, banyak introvert adalah kreatif dan artis, dan beberapa bahkan suka naik panggung.

Lainnya adalah pemimpin bisnis yang berbicara di depan tim atau audiensi sepanjang waktu. Introvert sepenuhnya mampu belajar dan menguasai keterampilan ini, tetapi jika kecenderungan alami kalian adalah menghindari partisipasi kelompok, kalian mungkin seorang introvert.

7. Selalu menganggap serius


Jika kalian membenci obrolan ringan, dan juga benci berbicara dengan orang asing, maka jaringan adalah hal yang paling tidak nyaman yang dapat kalian lakukan dan itulah tepatnya yang dirasakan oleh kebanyakan introvert.

Itu tidak berarti kalian tidak dapat melakukannya ketika diperlukan untuk bekerja atau bisnis, tetapi jika diberi pilihan.

8. Kalian tidak selalu tahu harus berkata apa


Sebaliknya, kalian secara rutin menemukan diri kalian memikirkan respons yang tepat setelah percakapan selesai. Ini sesuatu yang normal, banyak introvert berjuang dengan pengambilan kata-kata (kemampuan untuk memilih kata yang tepat dengan cepat).

9. Kalian lebih baik dalam menulis daripada berbicara


Kalian mungkin bukan seorang novelis alami, tetapi jika menulis sesuatu lebih nyaman daripada mengatakannya secara langsung, itu pertanda kuat bahwa kalian adalah seorang introvert.

Introvert membutuhkan waktu untuk berpikir tentang apa yang ingin kita katakan, dan sementara itu dapat memperlambat percakapan langsung, itu membuat tulisan yang sangat jelas dan ekspresif.


10. Kalian selalu berfikir dalam, baik dalam hubungan dan minat


Apa sebenarnya yang kalian lakukan dengan waktu sendirian yang kalian inginkan? Kalian mungkin menghabiskan dengan memikirkan kehidupan kalian, orang-orang yang kalian cintai, karier kalian, atau "pertanyaan besar" dalam hidup.

Atau, kalian mungkin menghabiskannya membaca, meneliti, atau membuat karya seni. Semua hal ini memberi kalian kecenderungan untuk masuk lebih dalam dari yang lain ke dalam topik dan kegiatan yang menarik bagi kalian.

11. Suka mencari makna


Ketika kalian adalah tipe orang yang berpikir mendalam tentang dunia kalian, sulit untuk menerima hubungan yang dangkal, tujuan yang dangkal, atau percakapan yang dangkal. Jika kalian mencari makna dalam pekerjaan dan hubungan kalian, dan lebih menyukai percakapan yang bermakna melalui obrolan ringan, itu bisa jadi pertanda kalian adalah seorang introvert.

12. Kalian merasa tidak pada tempatnya dalam masyarakat "ekstrover"


Ekstrovert sering tidak menyadarinya, tetapi masyarakat kita menganggap bahwa orang harus cerewet, sosial dan cepat untuk berbicara. Apakah kalian merasakan tekanan untuk berbicara lebih banyak bahkan pada usia muda? Apakah kalian selalu merasa tidak pada tempatnya, atau bahkan bertanya-tanya apakah ada yang salah dengan kalian karena tidak lebih sosial? Faktor tunggal ini mungkin merupakan tanda terbesar kalian sebagai introvert.


EmoticonEmoticon