Rabu, 14 November 2018

10 Hal Yang Bisa Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Diet

KEPOINDONESIA.id - Memiliki badan yang ramping serta berat badan yang ideal merupakan impian semua orang, baik pria ataupun wanita. Banyak hal yang dilakukan untuk menurutkan berat badan, dari mulai olahraga, mengurangi porsi makan sampai diet ringan ataupun diet berat.

Diet sendiri ada bermacam-macam, ada diet Keto(Ketogenic), diet DEBM(Diet Enak Bahagia Menyenangkan), diet OCD (Obsessive Corbuzier's Diet), diet GM (General Motors), diet Mayo dan masih banyak metode diet lainnya. Diet sendiri biasanya lebih banyak dilakukan oleh kaum wanita daripada kaum pria. Kaum pria biasanya menurunkan berat badan yang berlebih dengan olahraga, bukan diet

Apakah diet itu efektif untuk menurunkan berat badan? Tidak, hasil dari diet sendiri masing-masing individu berbeda. Yang pasti diet yang benar tidak akan menambah berat badan kalian. Banyak yang mencoba program diet terbaru, tapi hasilnya nihil alias tidak ada perubahan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan diet kalian gagal dan hanya akan membuang-buang waktu saja.

Untuk itu, berikut ini adalah 10 hal yang bisa menurunkan berat badan kalian selama 5 bulan tanpa menjalani program diet yang tidak pasti keberhasilannya.

1. Jangan melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan tidak akan membantu menurunkan berat badan kalian. Malahan kalian bisa kehilangan nutrisi penting yang sangat berguna bagi tubuh. Setidaknya sarapan walaupun hanya sekedar roti.

2. Makan secara teratur

Makan pada waktu yang teratur di siang hari dapat membantu membakar kalori dalam tubuh dengan lebih cepat. Ini juga dapat mengurangi godaan untuk mengemil makanan-makanan ringan. Kebanyakan orang sangat sibuk sampai melupakan makan siang yang menyebabkan ngemil terus setiap saat.


3. Perbanyak makan buah dan sayuran

Buah dan sayuran merupakan makanan rendah kalori dan lemak, serta tinggi serat yang merupakan bahan penting untuk menurunkan berat badan yang sukses. Buah dan sayuran juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Makan buah setelah makan juga dapat membantu melancarkan pencernaan perut.

4. Jadilah lebih aktif

Menjadi aktif adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Selain memberikan banyak manfaat kesehatan , olahraga dapat membantu membakar kelebihan kalori yang tidak dapat kalian buang melalui diet saja. Bisa dengan lari-lari kecil mengelilingi komplek ataupun hanya sekedar push up.

5. Minum banyak air

Orang kadang-kadang menyamakan rasa haus dengan rasa lapar, namun 2 hal tersebut berbeda. Kalian bisa mengkonsumsi kalori ekstra ketika segelas air benar-benar kalian butuhkan, yaitu pada saat haus. Minum air putih setelah bangun tidur juga dapat menyehatkan tubuh.

6. Makan makanan yang berserat tinggi

Makanan yang mengandung banyak serat dapat membantu kalian merasa kenyang, sesuatu yang sempurna untuk menurunkan berat badan. Serat hanya ditemukan pada makanan dari tumbuh-tumbuhan, seperti buah dan sayuran, oat, roti gandum, nasi merah dan pasta serta kacang-kacangan.


7. Gunakan piring yang lebih kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu kalian makan dengan porsi yang lebih sedikit. Dengan menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, mungkin bisa secara bertahap terbiasa memakan porsi yang lebih kecil tanpa kelaparan. Dibutuhkan sekitar 20 menit bagi perut untuk memberi tahu otak jika sudah kenyang, jadi makan perlahan dan berhenti makan sebelum kalian merasa kenyang.

8. Jangan stok makan-makanan cepat saji

Untuk menghindari godaan, cobalah untuk tidak menyimpan makanan cepat saji (Junk Food), seperti cokelat, biskuit, keripik, dan minuman bersoda di rumah. Sebagai gantinya, pilihlah cemilan yang menyehatkan, seperti buah, kue beras tawar, kue gandum, popcorn tanpa garam atau tanpa pemanis, dan jus buah.

9. Kurangi alkohol

Segelas anggur standar mengandung banyak kalori seperti sepotong cokelat. Seiring waktu, minum terlalu banyak dapat dengan mudah berkontribusi terhadap penambahan berat badan kalian. Kurangi alkohol perbanyak air putih.

10. Rencanakan jam makanan

Cobalah untuk merencanakan sarapan, makan siang, dan makan malam selama seminggu, pastikan kalian tetap menggunakan tunjangan kalori. Kalian mungkin merasa terbantu dalam membuat daftar belanja mingguan.

Menurunkan berat badan itu tidaklah cepat, 1 minggu, 1 bulan, bahkan 1 tahun. Kita hanyalah perlu sabar dan mengontrol diri kita sendiri. Untuk menurunkan berat badan, saya sarankan jangan mengkonsumsi obat-obatan, namun gunakan bahan-bahan alami seperti menggunakan jeruk nipis dan teh tawar.


EmoticonEmoticon