Jumat, 26 Oktober 2018

9 Tempat Yang Wajib di Kunjungi di Purworejo

Purworejo

KEPOINDONESIA.id - Masih banyak orang yang tidak tau tentang Kabupaten Purworejo dan dimana lokasinya. Kabupaten Purworejo atau Purworejo terletak di Provinsi Jawa Tengah dan juga sebagai Perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta).

Purworejo sendiri memiliki alun-alun yang sangat luas, dibanding Kota atau Kabupaten lainnya. Selain itu Purworejo miliki destinasi wisata yang banyak, seperti wisata alam hutan, wisata pantai dan wisata kulinernya.

Untuk wisata air nya, Purworejo memiliki 4 Curug yang terindah yang terletak di Kecamatan Bruno. Selain itu banyak destinasi wisata lainnya. Jika kalian ingin berkunjung ke Purworejo, sebaiknya baca dulu tempat-tempat yang wajib dikunjungi jika berlibur ke Purworejo. Berikut ini adalah 9 tempat yang wajib di kunjungi di Kabupaten Purworejo.

1. Benteng Pendem


Benteng Pendem

Benteng Pendem ini terletak disebuah perbukitan di Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen, Purworejo. Benteng ini merupakan benteng peninggalan Jepang yang dibangun pada tahun 1945. Jumlah total keseluruhan ruangan atau bagian dari Benteng Pendem ini ada 29 buah.

2. Curug Muncar


Curug Muncar

Curug Muncar terletak di Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno yang berjarak sekitar 45km dari pusat kota Purworejo. Curug (Air Terjun) ini mempunyai ketinggian sekitar 40m dan berada ditengah hutan milik perhutani dan berada pada ketinggian sekitar 900mdpl.

3. Puncak Geger Menjangan


Puncak Geger Menjangan

Puncak Geger Menjangan adalah sebuah bukit yang terletak di Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Purworejo. Dari tempat ini pengunjung dapat melihat sebagian besar pemandangan Kota Purworejo dari ketinggian. Selain itu di Puncak Geger Menjangan terdapat sebuah makam sesorang yang dihormati, yaitu Kyai Imam Puro. Dia adalah salah satu orang yang berjasa dalam pendirian Kabupaten Purworejo ini.

4. Museum Tosan Aji


Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji sering disebut sebagai Museum Pusaka. Museum ini menyimpan banyak sekali pusaka dan benda bersejarah yang berasal dari beberapa wilayah di Jawa Tengah. Museum ini menempati sebuah bangunan tua yang akan membawa kita ke masa tempo dulu. Museum Tosan Aji sangat cocok dikunjungi untuk orang yang menyukai hal-hal yang berbau sejarah.

5. Masjid Agung Purworejo


Masjid Agung Purworejo

Masjid Agung Purworejo adalah sebuah masjid kuno yang terletak di barat Alun-alun Purworejo. Masjid ini dibangun pada tahun 1834M sebagai tempat ibadah warga muslim di Purworejo. Yang paling menarik di Masjid Agung Purworejo adalah tedapat sebuah bedug kuno yang hanya digunakan pada Hari Raya saja. Bedug itu diberinama Bedug Pendowo, yang merupakan bedug terbesar di dunia.

6. Pantai Ketawang


Pantai Ketawang

Pantai Ketawang terletak sekitar 22 km dari pusat kota Purworejo dan masuk dalam wilayah Desa Ketawang, Kecamatan Grabag. Selain dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dan menyenangkan, jika kita beruntung kita akan menjumpai lomba pacuan kuda yang biasa dilakukan oleh penduduk yang tinggal di sekitar Pantai Ketawang tersebut.

7. Pantai Jatimalang


Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang terletak di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi yang berjarak sekitar 18km dari pusat kota Purworejo. Pantai Jatimalang merupakan salah satu pantai yang ada dilaut selatan yang mempunyai karakter ombak yang cukup besar. Akan tetapi pantai ini masih bisa digunakan sebagai tempat untuk bermain.


8. Goa Seplawan


Goa Seplawan

Goa Seplawan terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo dan berada pada ketinggian kurang lebih sekitar 7.000 mdpl. Gua ini mempunyai panjang sekitar 700 m dengan lebar 15meter ini didalamnya dihiasi oleh stalagmit dan stalagtit yang sangat cantik. Yang paling menarik adalah didalam Goa Seplawan ini pernah ditemukan arca Dewa Syiwa yang terbuat dari emas murni seberat 1,5 kg. Namun Arca tersebut saat ini disimpan di Museum Nasional Jakarta, sekarang hanya ada Arca pengganti saja.

9. Curug Silangit


Curug Silangit

Curug yang mempunyai ketinggian sekitar 50 m ini terletak di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Curug ini terdiri dari 3 tingkatan air terjun yang menyatu menjadi satu. Air terjun yang pertama tingginya mencapai 30 m sementara yang dua air terjun lainnya masing-masing 10 m. Dibawah air terjun ini terdapat kolam yang cukup dalam yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berenang. Curug Silangit bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.


EmoticonEmoticon