Minggu, 21 Oktober 2018

Car Free Day Nuansa Pedesaan di Pasar Inis Desa Brondongrejo, Purworejo

Pasar Inis Desa Brondongrejo

KEPOINDONESIA.id - Weekend tidak menyenangkan jika kita hanya sekedar berdiam diri saja dirumah. Kebanyakan orang berdiam diri dirumah dengan alasan untuk mengistirahatkan badan akibat kegiatan sehari-harinya. Namun Weekend akan lebih menyenangkan dengan aktifitas diluar ruangan, sebagai contoh olahraga.

Tidak hanya Car Free Day (CFD), Weekend ala masyarakat Brondongrejo, Purwodadi, Purworejo ini sangatlah unik, Pasar Inis namanya. Pasar Inis adalah Car Free Day nya masyarakat Desa Brondongrejo. Inis diambil dari kata "Nginis" yang berarti "mencari udara segar" di pinggir sawar desa tersebut.

Pasar Inis di Desa Brondongrejo ini dimulai dari jam 05:00 sampai 09:00 WIB setiap minggunya. Di Pasar Inis tersebut terdapat Ibu-ibu desa tersebut yang menjual makanan-makanan yang terbuat dari bahan baku ketela (singkong) serta jajanan tradisional lainnya, serta para pengunjung dapat bersantai menikmati udara segar pedesaan sambil menikmati jajan yang telah ada.

Pasar Inis ini terletak di pinggiran sawah sebelah timur desa Brondongrejo. Walaupun tempatnya kadang berpindah karena kondisi tempat yang sebelumnya tidak memungkinkan, tetapi pasar ini tetap di area pinggiran sawah sebelah timur desa tersebut.

Dari area tersebut pengunjung dapat melihat Gunung Sumbing yang kokoh berdiri di sebelah Utara serta indahnya Sunrise pagi hari di sebelah Timur, karena bentang sawah yang luas pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Sumbing atau Sunrise di pagi hari seakan berada di puncak gunung ataupun di pantai.

Perlu diketahui juga, Pasar Inis ini merupakan destinasi wisata terbaru di desa tersebut. Pasar Inis ini dirancang oleh para Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Purworejo, Jawa Tengah yang saat pembukaan pertamanya bernamakan "Festival Inis" pada tanggal 24 dan 25 Maret 2018, kurang lebih sekitar 6 bulan yang lalu.

Pada Festival Inis tersebut, di tampilkan tari Dolalak Kakung Klasik yang bertempat di tengah hamparan sawah serta fashion show dari jajaran POLWAN, POLRES Purworejo. Pasar Inis ini di rencanakan akan launching pada 28 Oktober 2018 yang akan datang.


EmoticonEmoticon