Selasa, 16 Oktober 2018

5 Universitas Teratas dan Terbaik di Negeri Sakura Jepang

Ilustrasi aktifitas mahasiswa di Jepang

KEPOINDONESIA.id - Melanjutkan belajar setelah menempuh 12 tahun wajib belajar ( SMA/SMK/Sederajat) adalah keinginan semua orang. Sebagai contoh melajutkan ke Universitas. Di Indonesia sendiri memiliki Universitas yang bagus-bagus, sebagai contoh Universitas Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Namun jika kalian teropsepsi dengan Negeri Sakura Jepang, baik dari makanan, budaya, wisata, gaya hidup ataupun anime Jepang, tidak salahnya anda memiliki keinginan untuk melanjutkan belajar di Negeri Sakura Jepang tersebut. Oleh karena itu, Berikut ini adalah 5 Universitas Teratas dan Terbaik di Negeri Sakura Jepang pada tahun 2018 yang bisa menjadi tujuan belajar kalian.

1. Universitas Kyoto

Universitas Kyoto merupakan Universitas terbesar ke tiga di Yoshida, selain Universitas Uji dan Universitas Katsura. Universitas Kyoto sendiri adalah salah satu Universitas tertua di Negeri Sakura Jepang dan secara konsisten memiliki peringkat tinggi di Asia.

Universitas Kyoto memiliki sekitar 22.000 siswa, 10 fakultas, 19 sekolah pascasarjana, 13 lembaga penelitian dan 21 pusat penelitian dan pendidikan.

Universitas Kyoto ini awalnya terdiri dari perguruan tinggi di bidang hukum, kedokteran, surat, dan sains dan teknik. Namun dalam dua tahun, universitas ini membuka perpustakaan dan rumah sakit. Kemudian, Universitas Kyoto mendirikan fakultas di bidang ekonomi, pertanian dan humaniora serta sekolah pascasarjana yang pertama diluncurkan pada pertengahan abad ke-20.

2. Universitas Tokyo

Universitas Tokyo merupakan universitas nasional pertama di Jepang ketika didirikan pada tahun 1877. Universitas Tokyo menyediakan kursus di seluruh spektrum akademik dan saat ini telah memiliki 10 fakultas, 15 sekolah pascasarjana, 11 institut penelitian yang berafiliasi (termasuk Pusat Penelitian untuk Sains dan Teknologi Lanjutan), 13 pusat universitas, tiga perpustakaan dan 2 lembaga untuk studi lanjutan.

Para siswa belajar di tiga kampus utama, yaitu di Hongo,Komaba dan Kashiwa. Universitas Tokyo ini memiliki struktur kursus yang sedikit tidak biasa di mana siswa mengikuti pendidikan seni liberal di satu kampus selama dua tahun pertama mereka sebelum pindah ke kampus lain untuk mempelajari topik yang mereka pilih.

3. Universitas Tohoku

Banyak fasilitas Universitas Tohoku ini dibangun di sekitar dan di dalam lahan bekas perang kuno di kota Sendai. Pada tahun 1913, Universitas Tohoku menjadi universitas pertama di Jepang yang menerima siswa perempuan setelah penunjukan pada tahun 1911 oleh presiden pertama, yaitu Masataro Sawayanagi, wakil menteri pendidikan. Tohoku juga merupakan universitas pertama di Jepang yang menerima siswa asing.

4. Institut Teknologi Tokyo

Lebih dari 130 tahun, Institut Teknologi Tokyo adalah salah satu lembaga terkemuka di negara Jepang untuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini adalah satu-satunya universitas di luar kelompok Tujuh Universitas Nasional yang masuk dalam peringkat lima besar.

Didirikan pada tahun 1882, perpustakaan utama universitas ini yang terletak di kampus Ookayama, adalah perpustakaan sains dan teknologi terbesar di Jepang.

Untuk masuk ke universitas ini sangatlah selektif dan dianggap sebagai salah satu proses penerimaan universitas yang paling sulit di Jepang. Karena ini, universitas Institut Teknologi Tokyo hanya memiliki siswa yang relatif sedikit, dengan kurang dari 10.000 siswa.

5. Universitas Kyushu

Universitas ini memiliki mahasiswa internasional yang diambil dari seluruh dunia termasuk Eropa, Timur Tengah, Afrika, Oceania, Amerika Utara dan Asia. Jumlah siswa internasional terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ada 7.5 juta barang di Museum Universitas Kyushu termasuk dokumen, hewan, artefak arkeologi dan koleksi serangga lebih dari 4 juta spesimen.

Selain 5 Universitas tersebut, ada 5 Universitas terbaik lainnya di Jepang yang menempati urutan 6 sampai 10. Universitas tersebut adalah Universitas Hokkaido, Universitas Nagoya, Universitas Osaka, Universitas Tsukuba, dan Universitas Keio.


EmoticonEmoticon