Kamis, 27 September 2018

9 Kesalahan Pada Saat Mendaftar CPNS 2018 di Portal sscn.bkn.go.id

Ilustrasi peng-inputan data

KEPOINDONESIA.id - Perlu diingat bagi peserta CPNS 2018 hanya bisa memilih satu formasi saja. Jadi, pilih formasi yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi, keahlian, dan minat Anda.

Setelah yakin dengan formasi yang dipilih, pelamar dapat segera melakukan pendaftaran atau registrasi CPNS 2018. Sebelum melakukan pendaftaran, Berikut tips agar kalian terhindar dari 9 Kesalahan Pada Saat Mendaftar CPNS 2018 di Portal sscn.bkn.go.id.

1. Salah memasukkan NIK KTP maupun KK
Pastikan nomor NIK dan KK yang tertera di KTP dan Kartu Keluarga di input dengan benar. Salah satu nomor saja dapat mengakibatkan Anda gugur di tes administrasi.

2. NIK dan KK tidak ditemukan dalam database
Pastikan NIK dan KK telah terdaftar di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil di pusat. Jika belum terdaftar, Anda dapat mengurusnya di Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang telah siap sedia.

3. Salah memasukkan data
Jangan terburu-buru pada saat memasukkan data di sscn.bkn.go.id . Pastikan kebenaran dari data dan periksa kembali secara teliti. Pahami tata cara pengisian kolom di sscn.bkn.go.id.

4. Nama yang tidak sesuai
Periksa apakah nama di KTP sesuai dengan nama di dokumen lainnya. Seperti akta, ijazah, transkrip nilai, dan lain-lain. Jika ada berbeda karena salah cetak, harap diurus terlebih dahulu. Jangan sampai salah saat mengisi nama di sscn.bkn.go.id.

5. Usia harus sesuai di persyaratan
Perhatian juga batas usia pada formasi yang dibutuhkan. Jangan sampai usia melebihi batas yang ditetapkan. Jika melebihi batas, Anda kemungkinan besar tidak lolos.

6. Jurusan harus sesuaiPerhatikan jurusan yang dibutuhkan oleh tiap formasi. Jangan nekad untuk mendaftar pada formasi dengan jurusan yang tidak sesuai.

7. Nomor ijazah
Nomor ijazah harus sesuai dengan yang tertera. Semua nomor harus ditulis dengan benar. Kesalahan ini dapat membuat Anda gugur.

8. Tanggal ijazahTanggal ijazah yang dimaksud adalah tanggal tanggal saat diberikannya kelulusan, bukan tanggal yudisium (tanggal lulus). Banyak pelamar yang kebingungan saat memasukkan tanggal ijazah.

9. Salah input
Dokumen yang dimasukkan harus sesuai dengan kolom yang tersedia. Cermati kualifikasi dokumen yang diminta. Wajib periksa 2 kali data yang sudah dimasukan.

Dan agar Anda lancar saat mengikuti Pendaftaran CPNS 2018, berikut adalah tips-tips ikut CPNS 2018 dengan nyaman dan aman.
  1. Jangan lupa berdoa sebelum memulai menginput data atau kegiatan yang lainnya.
  2. Jangan terburu-buru mendaftar, pilih dengan bijak. Karena pendaftaran tidak hanya satu hari melainkan dua minggu
  3. Pastikan dokumen yang Anda miliki sesuai
  4. Baca petunjuk dengan baik-baik
  5. Jangan sampai salah menginput
  6. Pastikan koneksi internet lancar, berdoa saja semoga lancar
  7. Sebisa mungkin Gunakan PC atau komputer untuk mendaftar.


EmoticonEmoticon