5 Cara Mengatasi Samsung Galaxy J2 Prime Lag atau Lambat

5 Cara Mengatasi Samsung Galaxy J2 Prime Lag atau Lambat

KEPOINDONESIA.id - Samsung Galaxy J2 Prime salah satu HP Android Samsung yang cukup melegenda selain Samsung Galaxy Young dan Samsung Galaxy Young2. Walaupun bukan flagship tetapi HP ini memiliki banyak pengguna.

Karena harganya yang murah maka banyak penggunanya. Pengguna Samsung Galaxy J2 Prime sampai saat ini terbilang masih banyak. Masih banyak yang belum bisa beli HP baru jadi masih menggunakan HP lama seperti Galxy J2 Prime.

Salah satu keluhan pada Samsung Galxy J2 Prime yaitu lemot atau lag dan penyimpanan yang cepat penuh. Yang akan saya bahas kali ini yaitu untuk lemot atau lag nya terlebih dahulu, untuk kendala ruang penyimpanan yang cepat penuh akan saya bahas nanti.

Untuk lebih jelasnya langsung saja kalian simak pembahasan kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kenapa widget cuaca tidak berubah dan ganti serta cara melakukan view source di HP Android.

Hapus Aplikasi Terinstal Yang Tidak Gunakan


Yang pertama kalian wajib aplikasi dari pihak ketiga yang sudah terinstal tetapi tidak kalian butuhkan. Silakan hapus saja karena ini jelas akan membuat HP Samsung Galaxy J2 Prime yang kalian miliki menjadi lemot.

Hapus Aplikasi Bawaan Yang Tidak Penting


Selain aplikasi dari pihak ketiga kalian bisa hapus aplikasi bawaan yang memang penting. Biasanya aplikasi ini merupakan aplikasi dari Samsung dan produk Google. Jika bisa dihapus silakan dihapus jika tidak bisa dihapus kalian nonaktifkan saja.

Rutin Hapus Yang Berjalan di Recent Apps


Karena RAM dari Samsung Galaxy J2 Prime kecil maka kalian harus rajin menghapus aplikasi yang berjalan di recent apps. Cara ini sebenarnya tidak perlu kalian lakukan untuk HP Android terbaru, tetapi untuk Samsung Galaxy J2 Prime harus kalian lakukan.

Seringlah Hapus Cache Aplikasi dan Sistem


Tidak ada fitur yang bisa digunakan untuk melakukan cara ini. Oleh karena itu kamu bisa gunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner. Ini penting sekali karena cache sistem dan aplikasi pasti akan menumpuk.

Reboot atau Mulai Ulang Minimal 1 Bulan Sekali


Dan yang terakhir kalian wajib reboot atau mulai ulang Samsung Galaxy J2 Prime yang kalian miliki minimal 1 bulan sekali. Cara ini perlu supaya sistem memulai dari awal dan tidak ada cache sistem dan aplikasi yang menumpuk.

Sebenarnya apabila Samsung Galaxy J2 Prime lemot atau lag wajar saja. Mengingat spesifikasinya sangat pas-pasan dan HP ini keluaran lama yang semuanya sudah terbatas termasuk sistem operasi yang digunakan.

Tetapi jika terpaksa tetap layak digunakan hanya sekedar untuk SMS, nelpon, dan WhatsApp saja. Dengan catatan tidak bergabung ke banyak grup WhatsApp karena grup WhatsApp salah satu penyebab HP menjadi berat dan lag.

Sekian pembahasan dari saya mengenai hal tersebut. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai solusi mengatasi tidak bisa menggunakan filter dan efek yang ada di Instagram karena memutar saat dibuka dan ingin digunakan.


EmoticonEmoticon