Perbedaan Kartu Memori SD, SDHC, dan SDXC Padahal Terlihat Serupa

Perbedaan Kartu Memori SD, SDHC, dan SDXC Padahal Terlihat Serupa

KEPOINDONESIA.id - Saat membeli kartu SD atau yang dulu lebih sering disebut memory card kalian akan langsung membeli berdasarkan ukuran penyimpanan yang kalian inginkan. Seperti 8 GB, 16 GB, 32 GB, atau 64 GB yang memang disesuaikan dengan kebutuhan.

Terkadang juga memperhatikan merek dari kartu SD atau memory card yang ingin dibeli. Ada merek SandDisk, V-Gen, Kingston, Lexar, Samsung, dan masih banyak yang lainnya. Nah pada kartu SD sebenarnya ada beberapa tipe.

Mulai dari SD, SDHC, hingga SDXC. Jika kalian beli di toko offline mungkin kalian tidak begitu memperhatikan tulisan ini. Tetapi jika kalian membelinya di toko online keterangan SDHC dan SDXC pasti ada karena memang berbeda.

Untuk tau perbedaan antara ketiganya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengatasi ikon kartu SD yang ada tanda serunya serta cara mengatasi CCTV di rumah yang tidak merekam secara otomatis.

SD (SDCard Standar)


Ini merupakan kartu memori standar dengan kapasitas 128 MB hingga 2 GB dengan format FAT16. Tipe ini banyak digunakan pada tahun 2010 dan sudah ditinggalkan mulai dari tahun 2015 karena memang penyimpanan maksimalnya hanya sebatas 2 GB saja.

SDHC (SD High Capacity)


Merupakan kartu memori yang menggunakan basis SDA 2.0 dengan kapasitas mulai dari 4 GB hingga 32 GB. Untuk format bawaannya yaitu FAT32. Kartu memori ini bisa digunakan pada perangkat yang mendukung SDHC atau yang lebih tinggi dan tidak dapat digunakan pada perangkat yang hanya mendukung tipe SD Standar.

SDXC (SD Extended Capacity)


Merupakan kartu memori yang menggunakan basis SDA 3.0 yang berkapasitas mulai dari 64 GB hingga 2 TB. Untuk formatnya berbeda dengan SDHC, bukan FAT32 melainkan exFAT yang kinerjanya jauh lebih bagus daripada SDHC.

UHS (Ultra High Speed)


Ada juga yang namanya UHS yang biasanya terdapat pada tipe SDHC atau SDXC. Ini berkaitan dengan transfer rate mulai antara UHS I dan UHS II. Untuk UHS I sekitar 50 MB/s (UHS-50) dan 104 MB/s (UHS-104) dan 156 MB/s dan 312 MB/s untuk UHS II.

Selain itu ada yang disebut dengan class kartu SD yang terbagi oleh 5 class. Mulai dari 2, 4, 6, 8, hingga 10. Semakin tinggi class nya maka kecepatan akan semakin cepat. Untuk kamera disarankan untuk menggunakan class yang paling tinggi.

Class 2 yaitu 2 MB/s, class 4 yaitu 4 MB/s, class 6 yaitu 6 MB/s, class 8 yaitu 8 MB/s, dan class 10 yaitu 10 MB/s. Jadi sesuaikan saja semakin banyak penyimpanannya semakin tinggi kualitas memori maka harganya akan semakin mahal.

Sekian pembahasan dari saya untuk kali ini dan sebelum saya akhiri kamu bisa baca artikel mengenai kenapa file dan data di penyimpanan bisa hilang sendiri. Kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut supaya kalian tidak bingung.


EmoticonEmoticon