Kepanjangan Dari EYD, Sering Mendengarnya Tetapi Banyak Yang Belum Tau

Kepanjangan Dari EYD, Sering Mendengarnya Tetapi Banyak Yang Belum Tau

KEPOINDONESIA.id - Kalian yang masih sekolah mungkin tidak asing dengan EYD. EYD sangat sering kalian jumpai khususnya jika sedang belajar pelajaran Bahasa Indonesia. Walaupun sering kalian dengar saya yakin masih banyak yang belum tau.

Menulis dengan ejaan EYD memang sangat sulit, karena banyak ejaan yang bukan EYD tetapi sudah biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa kata yang sering kita anggap benar tetapi ternyata salah.

  • Silahkan dalam EYD yang benar Silakan
  • Antri dalam EYD yang benar Antre
  • Sekadar dalam EYD yang benar Sekadar
  • Aktifitas dalam EYD yang benar Aktivitas
  • Praktek dalam EYD yang benar Praktik
  • Analisa dalam EYD yang benar Analisis
  • Nasehat dalam EYD yang benar Nasihat
  • Resiko dalam EYD yang benar Risiko
  • Perduli dalam EYD yang benar Peduli

Dan masih banyak yang lainnya. Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas apa kepanjangan dari EYD serta akan saja bahas juga pengertian dan juga asal mulanya. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lain yang sudah pernah saya bahas.

Seperti jika kalian sering melihat kendaraan umum kalian harus tau perbedaan dari ANGKOT dan AKAP serta jika kalian belum tau kepanjangan dari Dsk, Dsb, dan Dst kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas sebelumnya.

Kepanjangan Dari EYD


EYD sendiri kepanjangan dari Ejaan Yang Disempurnakan. Ini merupakan singkatan resmi dalam Bahasa Indonesia. Untuk beberapa penulisan seperti karya tulis ilmiah dalam Bahasa Indonesia penting sekali menulis sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan.

Pengertian Ejaan Yang Disempurnakan


Ejaan Yang Sudah Disempurnakan atau EYD sudah berlaku sejak tahun 1972. Tetapi sejak tahun 2015 EYD sudah diganti dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Walau sudah cukup lama masih banyak yang mengira pedoman ejaan Bahasa Indonesia masih EYD padahal sudah ganti PUEBI.

Fungsi EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan


Tidak hanya untuk pedoman tetapi penggunaan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan memiliki fungsi lainnya yang sebagai berikut:
  • Sebagai standar dalam membuat tata bahasa semakin baku.
  • Menjadikan pemilihan kosa-kata dan istilah yang lebih baku.
  • Untuk menyaring unsur bahasa asing ke Bahasa Indonesia, supaya dalam penulisannya tidak menghilangkan makna aslinya.
  • Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan dapat membantu dalam memahami informasi lebih cepat dan mudah karena ditulis dalam bahasa yang lebih teratur.

Sekian pembahasan dari saya mengenai apa kepanjangan dari EYD serta pengertian dari EYD itu sendiri. Saya contohkan juga contohnya yang mungkin kalian gunakan sehari-hari yang kalian kira sudah baku tetapi ternyata belum.

Untuk mengecek ejaan yang benar kalian bisa akses KKBI Daring dari KEMDIKBUD. Bisa cek satu persatu kata yang ingin kalian pastikan apakah sudah sesuai ejaan atau keliru. Memang walaupun sesuai dengan ejaan ada beberapa kata yang tidak terdengar nyaman untuk diucapkan dan didengar.

Sebelum saya akhiri kalian perlu tau apa yang dimaksud dengan TBD. TBD sering sekali kalian temui jika kalian bergabung ke forum atau grup yang memiliki proyek tertentu. Jadi anggota tau bahwa informasi masih TBD.


EmoticonEmoticon