3 Solusi Mengatasi Tombol Meteran Listrik Tidak Bisa Ditekan atau Dipencet

3 Solusi Mengatasi Tombol Meteran Listrik Tidak Bisa Ditekan atau Dipencet

KEPOINDONESIA.id - Salah satu kekurangan listrik prabayar yaitu perlu menginput token yang tidak semua orang bisa melakukannya khususnya orang tua dan lansia. Lebih praktis listrik pascabayar yang hanya tinggal membayar dan tidak perlu menginput token setiap mengisi pulsa listrik.

Tetapi mau bagaimana lagi listrik prabayar sudah menjadi pilihan satu-satunya yang bisa kita gunakan untuk pemasangan listrik baru. Mungkin kedepannya bisa dibuat lebih praktis seperti pulsa HP yang bisa langsung di isi tanpa perlu menginput kode.

Walaupun memang bisa menggunakan kode voucher tetapi pengiriman langsung juga bisa. Di meteran listrik prabayar yang menggunakan pulsa ada tombol keypad dari angka 0-9. Serta beberapa tombol navigasi yang bisa digunakan untuk navigasi.

Terkadang tombol-tombol tersebut tidak berfungsi atau tidak merespon saat ditekan. Jika sudah seperti itu kalian akan pusing sendiri. Untuk mengatasi tombol yang ada di meteran tidak berfungsi kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti kelebihan menggunakan kipas angin daripada pending AC serta cara mengatasi TV yang sering mati sendiri tanpa sebab.

Bersihkan Keypad Meteran


Yang pertama kalian bisa bersihkan meteran khususnya pada tombol keypadnya. Cukup bersihkan dengan kuas pada selah-selahnya karena terkadang ada kotoran yang mengganjal atau ada debu yang membuat tombol tidak sensitif.

Tekan Dengan Sedikit keras


Berikutnya kalian bisa tekan tombol dengan pelan-pelan dan bisa coba dibagian samping atas, kiri, kanan, dan bawah. Seperti halnya remot atau keyboard yang sulit di tekan cara ini bisa kalian lakukan jika memang tombol tidak sepenuhnya rusak.

Hubungi Pihak PLN


Dan yang terakhir supaya lebih mudah, kalian tidak repot, dan lebih aman kalian bisa hubungi pihak PLN di nomoR 123 dengan format (kode area) 123. Jelaskan dan ceritakan kendala yang kalian alami dan pihak PLN akan merespon sesuai dengan kebutuhan kalian.

Misalnya masih bisa ditekan atau hanya kadang-kadang saja saran saya segeralah hubungi pihak PLN. Karena nanti jika kalian sangat membutuhkan karena pulsa sudah mau habis tetapi ternyata tombol tidak bisa ditekan ini akan sangat merepotkan.

Meteran listrik sebenarnya awet dan tombolnya tetap bisa ditekan karena desainnya yang tidak akan membuat komponen didalamnya menjadi kotor. Hanya saja jika penempatannya diluar rumah dan tidak di tempat yang benar-benar aman khususnya dari air hujan masalah seperti ini memang bisa terjadi.

Khususnya yang dipasang di samping rumah dan tidak di teras. Karena lebih aman di teras rumah yang dapat terlindungi dari atap teras itu sendiri. Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri jika tagihan listrik tidak keluar saat di cek kalian bisa baca artikel mengenai penyebabnya.


EmoticonEmoticon