Cara Menonaktifkan Keamanan 2FA atau Verifikasi 2 Langkah

Cara Menonaktifkan Keamanan 2FA atau Verifikasi 2 Langkah

KEPOINDONESIA.id - Verifikasi 2 langkah, autentikasi dua faktor, atau yang umum disebut 2FA merupakan keamanan tambahan yang ada di beberapa akun. Jadi selain kata sandi untuk bisa masuk ke akun perlu menginput 6 digit kode verifikasi terlebih dahulu.

Proses nya bermacam macam bisa lewat nomor telepon, lewat email, atau lewat aplikasi pengesahan. Yang jelas walaupun sudah berhasil masuk karena email dan kata sandi sesuai tetap perlu input kode verifikasi terlebih dahulu.

Sebelum kalian input kalian tidak akan bisa masuk ke akun yang kalian miliki. Nah karena ini juga memiliki resiko serta juga dirasa terlalu berisiko kalian bisa menonaktifkan autentikasi dua faktor dan hanya mengandalkan kata sandi saja.

Untuk cara detail mengenai cara menonaktifkannya tidak akan saya bahas karena di masing-masing akun dan layanan berbeda. Yang akan saya bahas kali ini meliputi apa yang perlu kalian lakukan untuk bisa benar-benar mematikan 2FA atau verifikasi 2 langkah.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel yang sebelumnya sudah saya bahas. Seperti kenapa akun Twitter seseorang tidak bisa dimuat serta apa yang dimaksud dengan email no-reply dan kenapa tidak perlu dibalas.

Masih Memiliki Akses dan Bisa Mendapatkan Kode


Yang pertama yang wajib kalian pastikan yaitu kalian masih memiliki akses dan masih bisa mendapatkan kode verifikasi 2 faktor. Karena untuk bisa menghapusnya kalian perlu input ulang kode yang sedang berjalan.

Jika kalian tidak memiliki akses kalian tidak akan bisa menghapusnya begitu saja. Perlu bantuan pihak terkait dimana kalian memiliki akun tersebut. Seperti halnya kata sandi, jika ingin mengubah kata sandi diwajibkan untuk menginput dan memasukkan kata sandi yang sekarang.

Bisa Masuk ke Akun Terkait


Dan yang kedua kalian masih bisa masuk ke akun terkait. Percuma saja jika kalian masih memiliki akses ke aplikasi pengesahan atau ke nomor terdaftar tetapi akun yang kalian miliki tidak bisa kalian buka karena lupa password.

Jika email atau nomor HP yang terdaftar di akun masih ada kalian bisa reset kata sandi. Tetapi jika sudah tidak ada dan tidak aktif tidak ada cara lain selain lewat email pemulihan jika ada. Masih tidak bisa masuk ke akun? akun kalian selamanya tidak akan bisa kalian buka kembali.

Kesimpulannya untuk menonaktifkan autentikasi dua faktor atau 2FA kalian harus masih bisa masuk ke akun terkait dan masih bisa menerima kode verifikasi atau masih bisa mengakses aplikasi pengesahan. Jika keduanya tidak terpenuhi masih ada cara lain dengan menghubungi pihak terkait dengan kemungkinan 50% 50%.

50% bisa berhasil dan 50% bisa gagal, alias tidak pasti. Bisa dibilang akan membuat akun kalian aman sampai kalian sendiri tidak bisa mengakses akun yang kalian miliki. Tetapi asalkan kalian tidak teledor dan teliti masalah seperti itu tidak akan kalian alami.

Tidak tau fungsi kode cadangan dan belum tau cara mendapatkannya? jika kalian ingin tau tentang keduanya kalian bisa baca artikel yang sebelumnya sudah saya bahas. Kode cadangan sangat diperlukan karena sebagai cadangan jika kalian tidak bisa menerima kode utama.


EmoticonEmoticon