4 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Lemot serta Lag Saat Digunakan Untuk Mengetik

4 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Lemot serta Lag Saat Digunakan Untuk Mengetik

KEPOINDONESIA.id - Keyboard atau papan ketik yang ada di HP seperti smartphone akan muncul ketika dibutuhkan. Bisa dikatakan aplikasi keyboard tau kapan pengguna membutuhkan keyboard untuk mengetik dan tidak. Karena jika sudah tidak dibutuhkan keyboard akan menghilang.

Bisa dikatakan cara kerja keyboard virtual yang ada di smartphone otomatis. Sangat memudahkan sekali tidak heran kini semua smartphone rata-rata bahkan bisa dikatakan semuanya menggunakan layar sentuh dengan keyboard virtual.

Permasalahan menggunakan keyboard virtual sebenarnya tidak ada alias 99% pasti lancar. Tetapi terkadang bisa error karena faktor perangkat itu sendiri. Karena keyboard tadi berupa aplikasi jadi jika proses aplikasi terganggu wajar saja jika terganggu.

Nah salah satu masalahnya yaitu keyboard lag saat digunakan, mengetik menjadi terganggu, atau terkadang keyboard virtual tidak mau muncul atau tidak mau hilang padahal sudah tidak digunakan. Bagaimana cara mengatasinya?.

Cara mengatasinya sangat-sangatlah mudah. Untuk tau cara mengatasinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa bedanya keyboard dengan keypad serta fungsi dari papan klip yang ada di keyboard.

Cara Mengatasi Keyboard HP Bermasalah Saat Digunakan


1. Pastikan Memori atau RAM Tidak Penuh


Yang pertama kalian bisa pastikan RAM atau memori tidak penuh karena jika penuh aplikasi keyboard juga berpengaruh. Mulai dari hapus aplikasi yang ada di recent apps hingga hentikan paksa aplikasi berat jika perlu.

2. Reboot HP


Selain melegakan RAM dengan cara hapus aplikasi berjalan dari recent apps kalian juga bisa coba reboot perangkat. Reboot perangkat selain melegakan RAM juga membuat aplikasi dan sistem berjalan dari awal dan kesannya lebih fresh.

3. Hentikan Paksa Aplikasi Keyboard


Ketika dua cara sebelumnya sudah kalian coba dan masih belum berhasil kalian bisa coba hentikan aplikasi keyboard yang kalian gunakan. Untuk menghentikannya kalian bisa cek di aplikasi sistem lalu pilih keyboard yang kalian gunakan.

4. Gunakan Aplikasi Keyboard Lainnya


Dan yang terakhir kalian bisa gunakan aplikasi keyboard lainnya. Saran saya gunakan aplikasi Gboard saja, selain ringan, aman, dan tidak ada iklannya Gboard merupakan aplikasi keyboard yang paling stabil daripada yang lainnya.

Yang jelas kalian jangan panik. Apabila keyboard tidak muncul atau tidak hilang coba matikan layar HP kalian terlebih dahulu lalu nyalakan kembali. Biasanya dengan cara tersebut masalah keyboard tidak hilang atau tidak muncul akan teratasi.

Apa saya pernah mengalami masalah serupa? saya jawab pernah dan dulu sering sekali. Tetapi semenjak menggunakan HP dengan spesifikasi yang terbilang mumpuni saat membuka aplikasi berat pun keyboard tetap muncul dan hilang dengan cepat tanpa ada masalah.

Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri apabila kalian ingin menghilangkan getar di keyboard Gboard kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada pembahasan tersebut akan saya bahas mengenai cara menghilangkan getar di Gboard.


EmoticonEmoticon