Penyebab HP Android Dengan OS Kitkat dan Lollipop Tidak Bisa Install dan Memperbarui Aplikasi

Penyebab HP Android Dengan OS Kitkat dan Lollipop Tidak Bisa Install dan Memperbarui Aplikasi

KEPOINDONESIA.id - Android 4.4 atau yang lebih umum disebut Android KitKat merupakan salah satu versi Android yang saat perilisannya sangatlah menarik banyak perhatian. Setidaknya ada 3 versi Android yang sangat populer.

Yang pertama yaitu Android Ice Cream Sandwich atau Android 4.0, yang kedua Android Jelly Bean atau Android 4.1, dan yang ketiga Android KitKat atau Android 4.4. Saya bilang populer karena pada masa-masa itu fokus pengguna Android tertuju pada sistem operasi yang digunakan.

Sedangkan setelah Android KitKat rilis pengguna juga mementingkan spesifikasi perangkat dan kurang begitu fokus ke sistem Android yang digunakan. Rilis tahun 2013 sudah 10 tahun lebih Android KitKat ada.

Selama 10 tahun HP Android dengan sistem operasi KitKat terbilang masih banyak. Nah salah satu masalah yang biasanya dialami oleh pengguna Android KitKat yaitu sudah kesulitan menginstall aplikasi dan memperbarui aplikasi.

Tidak hanya aplikasi yang di install menggunakan file .APK tetapi aplikasi dan game yang ada di Play Store juga. Kenapa bisa seperti itu dan apakah ada solusinya? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti fungsi aplikasi Mi Share yang ada di Xiaomi serta solusi mengatasi aplikasi Mi Browser tidak bisa digunakan.

Dukungan Aplikasi, Faktor pertama dan utama kenapa HP dengan Android KitKat kesulitan install dan memperbarui aplikasi yaitu karena dukungan aplikasi sudah tidak tersedia untuk sistem operasi ini. Sangat wajar sekali dan memang tidak ada yang bisa kita lakukan.

Spesifikasi Tidak Mendukung, Selain karena aplikasi sudah tidak mendukung ada faktor lainnya yaitu perangkat kalian yang sudah tidak mendukung. Selain sistem operasi faktor lainnya seperti prosesor yang digunakan juga mempengaruhi jadi tidak bisa dipukul rata.

Ruang Penyimpanan Tidak Memadahi, Seperti yang kalian tahun tahun 2013 dan tahun 2014 mungkin penyimpanan perangkat yang masih populer yaitu 8 GB dan 16 GB. Jadi pastikan ada penyimpanan yang tersedia sebelum install dan memperbarui aplikasi.

Selain untuk Android KitKat mungkin untuk versi Android yang sedikit baru juga berlaku seperti Android 5.0 Lollipop, Android 6.0 Marshmallow, Android 7.0 Nougat, dan Android 8.0 Oreo.

Dukungan Android memang tidak selama iOS tetapi dukungan aplikasi untuk sistem operasi Android dan iOS saya kira sama. Artinya tergantung dari kalian menggunakan HP yang kalian miliki. Jika terawat HP kalian bisa bertahan sampai 5 tahun lebih dan masih lancar digunakan.

Sekian pembahasan mengenai tidak bisa pasang dan memperbarui aplikasi di HP Android KitKat. Sebelum saya akhiri jika kalian tidak bisa merubah aplikasi menjadi file .APK supaya bisa dikirim kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon