Tanda R di Persneling Mobil, Artinya Bukan Racing


KEPOINDONESIA.id
- Mundur pada kendaraan roda empat seperti mobil, truk, dan bus bisa kalian lakukan dengan memindah persneling ke tanda R. Yak benar sekali, R pada persneling mobil dan truk dikenal sebagai persneling yang digunakan untuk mundur.

Saya yakin orang yang sudah bisa menyetir mobil tau bahwa R untuk mundur. Tetapi apakah tau arti atau kepanjangan dari R itu apa? seperti arti F dan E yang ada di indikator bahan bakar. F untuk Fuel sedangkan E artinya Emergency bukan Empty.

Selain R sebenarnya ada simbol lainnya yang ada di persneling mobil seperti N dan P. Atau jika di mobil matik ada beberapa simbol lainnya seperti S, D, D2, D3, L dan masih banyak yang lainnya tergantung dari produsen mobil.

Tetapi yang akan saya bahas kali ini yaitu khusus R atau simbol persneling yang biasanya digunakan untuk membuat kendaraan berjalan mundur. Namun sebelum lanjut ke arti dari R kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya.

Seperti cara dan biaya setting CO motor Yamaha di bengkel resmi Yamaha serta kenapa saat pagi hari motor dihidupkan selalu ada air yang menetes dari lubang kecil yang ada di bawah knalpot, apa itu bahaya?.

Jadi R merupakan singkatan dari Reverse dan memiliki arti gigi mundur. Semua kendaraan roda empat sampai lebih seperti mobil, truk, bus, dan lainnya saat mundur pasti menggunakan gigi R atau Reverse.

Tetapi banyak yang membuat lelucon bahwa R yang ada di persneling mobil artinya Racing. Racing identik dengan sesuatu yang lebih dan ekstrim seperti sebuah balapan. Jadi R yang memiliki arti Racing itu salah besar.

Dan jangan kalian coba saat mobil sedang melanjut kalian langsung pindah gigi ke persneling R. Sebenarnya akan sulit atau tidak bisa. Tetapi misalnya bisa itu akan merusak gearbox mobil kalian dan bisa menyebabkan kecelakaan karena mobil bisa langsung berhenti dengan cepat.

Memang R yang memiliki arti Racing hanya lelucon tetapi saya kira supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena kesalahpahaman maka saya buat artikel ini. Dan saya tekankan lagi R adalah Reverse yaitu gigi yang digunakan untuk mundur.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga adanya artikel ini menjelaskan bahwa R di persneling mobil tidak memiliki arti Racing. Power Outlet pada motor atau mobil kalian tidak berfungsi? kalian bisa baca artikel mengenai Power Outlet yang tidak berfungsi di dasbor motor atau mobil.


EmoticonEmoticon