Penyebab Motor Tiba-Tiba Hilang Kompresi atau Ngelos Saat Dikendarai

Penyebab Motor Tiba-Tiba Hilang Kompresi atau Ngelos Saat Dikendarai

KEPOINDONESIA.id - Apakah kalian pernah mengalami saat berkendara dengan sepeda motor tiba-tiba tenaga motor kalian hilang? jika iya mungkin motor kalian perlu dilakukan servis karena sudah lama tidak di servis.

Melakukan servis kendaraan bermotor tidak harus menunggu ada kerusakan atau kendaraan sudah tidak nyaman dikendarai. Seperti halnya sepeda motor, jika dirasa ada waktu luang dan sudah lama tidak di servis saran saya cobalah untuk di servis.

Biaya servis rutin sepeda motor tidaklah mahal, untuk motor bebek dan matik biayanya diantara 50rb - 70rb. Sedangkan untuk motor sport kemungkinan lebih mahal sedikit karena memang ukuran dan komponennya lebih rumit.

Apa penyebab tenaga motor tiba-tiba hilang atau mesin terasa ngempos saat motor sedang berjalan? Sebagai contoh saat berjalan dengan kecepatan 60 KM/jam dan tiba-tiba saat di gas motor tidak merespon atau tenaganya hilang begitu saja.

Untuk tau apa penyebabnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya seperti apa yang disebut dengan Rider dan Biker serta kenapa VVA di motor Yamaha tidak mau aktif.

Jadi untuk sepeda motor yang tiba-tiba ngempos atau tenaganya hilang saat dikendarai bisa disebabkan karena mesin motor mengalami overheat atau panas yang berlebihan. Jika mesin mengalami overheat salah satu cirinya yaitu tenaga motor yang hilang secara tiba-tiba.

Bahkan banyak kasus tidak hanya tenaganya saja yang hilang akan tetapi tiba-tiba mesin mati mendadak. Jadi jika sedang dalam kecepatan tertentu dan tenaga motor hilang jika motor kalian manual atau bertransmisi cobalah tidak panik.

Karena jika tenaga motor hilang kecepatan motor akan langsung melambat dan bisa saja ada pengendara lain di belakang kalian. Nah langkah yang bisa kalian lakukan yaitu turunkan gigi dan kalian coba gas supaya tenaga motor tetap ada sambil berjalan menepi.

Kuncinya jika mesin overheat kalian wajib berhenti dan mendinginkan mesin terlebih dahulu. Tidak harus benar-benar dingin jika memang terburu-buru 5 menit sudah lebih dari cukup. Selain karena overheat bisa juga karena ada komponen yang tiba-tiba bermasalah.

Seperti katup yang tiba-tiba longgar atau bengkok, ada masalah pada sistem kopling, atau yang lainnya. Jika ada komponen yang bermasalah kalian wajib mengecek apakah masih bisa digunakan untuk menempuh perjalanan atau tidak.

Karena jika dibiarkan dan dipaksakan bisa merusak komponen lainnya apalagi jika yang bermasalah komponen yang ada di bagian dalam mesin. Selain yang sudah saya sebutkan sebenarnya masih banyak penyebab mesin ngempos atau tidak bertenaga.

Akan tetapi penyebab paling umum yang muncul saat sepeda motor sedang digunakan yaitu karena mesin overheat atau karena ada komponen yang bermasalah. Cukup sekian penjelasan dari saya semoga sedikit membantu dan menambah wawasan kalian semua.

Kesal dengan plat nomor kendaraan khususnya plat nomor sepeda motor yang berbunyi dan getar? kalian bisa baca artikel mengenai cara memasang plat nomor yang benar serta tips mengatasinya supaya tidak getar dan berbunyi.


EmoticonEmoticon