Balasan Yang Baik Untuk Review dan Rating Yang Sudah Diberikan Oleh Pembeli

Balasan Yang Baik Untuk Review dan Rating Yang Sudah Diberikan Oleh Pembeli

KEPOINDONESIA.id - Penting sekali bagi penjual untuk membalas review atau ulasan yang diberikan oleh pembeli. Saya kira di semua marketplace pembeli dapat memberikan ulasan pada produk yang mereka beli dan penjual bisa membalas ulasan tersebut.

Seperti pada judul yaitu membalas review dan rating artinya kalian sebagai penjual bukan pembeli. Karena jika pembeli bukan membalas review atau ulasan tetapi membuat dan memberikan ulasan.

Penting atau tidak membalas ulasan yang dikirimkan oleh pembeli? penting atau tidak itu tergantung persepsi kalian sebagai penjual. Tetapi jika transaksi di toko kalian tidak terlalu banyak membalas ulasan dari pembeli bisa menjadi cara untuk menilai tentang produk yang kalian miliki.

Karena secara tidak langsung kalian akan membaca pengalaman pembeli mengenai produk yang dibeli di toko kalian. Oleh karena itu kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai bagaimana cara membalas ulasan dan rating dari pembeli.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti apa yang dimaksud dengan menjemput bola dalam berdagang serta solusi tidak bisa menulis ulasan atau review di Tokopedia.

Perlu di ingat karena kemungkinan ulasan yang dikirimkan oleh pembeli banyak karena di toko kalian transaksi setiap harinya juga banyak kalian hanya perlu membalas beberapa ulasan saja.

Tetapi jika toko kalian belum terlalu populer dan transaksinya belum terlalu banyak membalas semua review atau ulasan dari pembeli itu bagus. Yang pertama kalian bisa membalas ulasan yang bagus dengan pengalaman dan kritik yang berbeda dari yang lainnya.

Karena rata-rata untuk ulasan atau review cenderung sama yaitu seperti "Mantap", "Barangnya bagus dan original", "Barang sesuai dengan harga", dan masih banyak yang lain-lainnya. Jadi kalian bisa pilih ulasan yang benar-benar bermutu untuk dibahas.

Sebagai contoh ulasan seperti ini yang bisa kalian balas "Tidak disangka sih produknya bagus padahal harganya cukup murah. Warna dan ukurannya sesuai dan packingnya rapi. Walau agak telat sampainya tetapi ini bukan karena toko melainkan dari jasa pengirimannya".

Selain ulasan yang benar-benar bermutu kalian bisa bahkan wajib membalas ulasan yang buruk dengan rating yang buruk juga karena kemungkinan ada kesalahan dari sisi penjual atau pembelinya yang salah paham.

Jangan sesekali menyalahkan pembeli begitu saja jika memang tidak ingin menanggapinya lebih baik tidak kalian tanggapi. Tetapi jika bisa supaya salah paham antara pembeli dan penjual selesai kalian bisa tanyakan masalah yang sebenarnya.

Jadi kesannya kalian bertanggung jawab atas produk yang kalian jual. Walaupun pembeli keliru tetap kalian harus berfikir dingin dan menjelaskan secara detail dan baik supaya pembeli benar-benar paham.

Kesimpulannya untuk memberikan kesan yang baik kalian jangan membalas atau berkomentar yang kurang pantas di kolom ulasan atau menu tanya jawab. Kecuali jika kalian penjual dan pembeli melakukan obrolan di pesan atau chat.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai cara membalas ulasan yang baik dan benar semoga bermanfaat untuk kalian semua. Ingin mengubah penilaian yang ada di Shopee? kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon