Penyebab dan Cara Mengatasi Power Head di Pompa Aquarium Berisik

Penyebab dan Cara Mengatasi Power Head di Pompa Aquarium Berisik

KEPOINDONESIA.id - Salah satu komponen wajib yang harus ada supaya aquarium atau aquascape yang kalian miliki airnya lebih bening dan bersih yaitu dengan menggunakan filter. Filter sangat wajib dari pada sebuah aerator karena selain menjaga air tetap dalam kondisi baik beberapa filter juga bisa berfungsi seperti aerator.

Dengan jatuhnya air dari atas kebawah setelah di pompa nantinya akan memunculkan gelembung udara yang sudah lebih dari cukup sebagai cadangan udara di dalam air untuk ikan yang kalian miliki.

Setidaknya ada 2 komponen utama dalam filter aquarium atau filter aquascape yaitu Power Head dan Box Filter. Power Head berfungsi memompa air supaya bisa naik ke Box Filter dan Box Filter berfungsi menyaring air dengan cara Mekanis maupun Biologis.

Nah masalahnya terkadang Power Head atau yang sering disebut pompa berisik dan tidak sesuai. Tidak sesuai disini sebagai contoh saat di tes di atas air pompa normal alias berbunyi tetapi tidak berisik.

Akan tetapi setelah kalian pasang ke dalam aquarium entah kenapa suaranya menjadi berbeda dan cenderung berisik. Khususnya jika Power Head yang kalian miliki masih baru, ini akan membuat kita merasa sebal dan kesal.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab dan solusi mengatasi Power Head filter aquarium yang berisik atau berdengung tidak normal. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti apa itu VVA di motor Yamaha dan kapan VVA akan aktif serta pengalaman dan biaya setting CO motor Yamaha di bengkel resmi. Saya akan jelaskan penyebab Power Head berisik menjadi 2 kategori, yaitu Power Head baru dan Power Head lama yang setidaknya sudah 1 tahun pemakaian.

Power Head Baru Berisik


Power Head baru seharusnya tidak berisik tetapi tetap akan berbunyi. Semakin kuat sedotan air perjam maka suara dari Power Head akan semakin keras tetapi tidak berisik. Jika berisik kemungkinan ada yang salah.

Penyebab Power Head sedikit berbunyi karena ada sentuhan dengan aquarium. Jadi pastikan pemasangannya benar. Karena selang atau pipa juga terhubung ke Power Head maka jika selang juga nempel di dalam aquarium maka kemungkinan bisa menambah getaran.

Tetapi yang jelas semakin kecil aquarium maka getaran yang dihasilkan Power Head akan semakin jelas. Oleh karena itu sesuaikan ukuran dan kekuatan Power Head selain supaya lebih efisien juga mencegah suara berisik yang cukup mengganggu.

Power Head Lama Berisik


Jika Power Head yang kalian miliki sudah lama dan tiba-tiba berisik ada beberapa penyebab yang perlu kalian analisa. Yang pertama pastikan lubang masuk air yang disebut Power Head atau pompa normal.

Karena jika sedikit tersumbat akan mempengaruhi kipas yang berputar. Jika tidak ada masalah di bagian lubang masuk air kalian bisa bongkar bagian Power Head dan pada bagian besi atau as kipas silakan kalian buka dan bersihkan.

Selama kipas berputar dengan baik dan tidak goyang kasus berisik di Power Head tidak akan terjadi, itu dia kunci utamanya. Semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa terbaru. Dan kalian perlu tau apa saja penyebab yang bisa menyebabkan Power Head berisik.

  • Getaran pompa yang langsung bersentuhan dengan kaca
  • Getaran pada selang atau pipa penghubung pompa bersentuhan dengan kaca
  • Bantalan atau As besi pompa tidak pas atau sudah aus
  • Kurang air
  • Power Head Kurang Kebawah
  • Produk Gagal

Itu saja yang bisa saya jelaskan kali ini mengenai Power Head yang berisik, jika sempat nantinya saya juga akan membahas mengenai tips supaya aerator tidak berisik dan berbunyi kencang.

Selain Power Head atau pompa aquarium kalian juga harus merawat pompa air di rumah. Kalian bisa baca artikel mengenai merawat pompa air supaya pompa air tetap awet dan bisa digunakan kapas saja saat dibutuhkan.


EmoticonEmoticon