3 Penyebab dan Solusi File Foto HEIC/HEIF Tidak Bisa Dibuka

3 Penyebab dan Solusi File Foto HEIC/HEIF Tidak Bisa Dibuka

KEPOINDONESIA.id - Smartphone dari Apple yaitu iPhone sangat diminati selain karena lebih eksklusif dari Android dan kualitas dari semuanya juga sangat bagus. Mulai dari kualitas hasil fotonya, hasil rekaman video, rekaman suara, serta suara yang dikeluarkan.

Oleh karena itu banyak orang yang rela mengeluarkan uang demi membeli iPhone. Tetapi banyak juga yang membeli iPhone karena gengsi walaupun membeli sebuah perangkat Apple tidak hanya sebatas gengsi.

Bagi kalian yang baru menggunakan iPhone pasti tidak sadar bahwa format foto yang digunakan untuk iPhone yaitu HEIC. Sebenarnya bisa diatur, tetapi jika di setelan Kamera kalian memiliki Efisiensi Tinggi maka format yang digunakan HEIC.

HEIC (High-Efficiency Image Container) merupakan penamaan format file yang digunakan oleh Apple untuk membuat standar baru HEIF. Sedangkan HEIF (High Efficiency Image Format) format yang fungsinya sebagai metode menyimpan gambar dengan lebih efisien.

Dengan kualitas foto yang lebih baik dan bagus ukuran file yang dihasilkan menggunakan HEIC/HEIF akan lebih kecil. File foto digital akan dikompres oleh sistem tanpa mengurangi kualitas foto itu sendiri.

Walaupun terlihat bagus tetapi tidak banyak perangkat yang mendukung format HEIC/HEIF kecuali perangkat iPhone dan beberapa produk Apple itu sendiri. Walaupun begitu masih ada beberapa perangkat yang bisa membuka format ini.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan kenapa file HEIC milik iPhone tidak bisa dibuka. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca fungsi pendorong sosial di HP Infinix serta daftar pengelompokan warna yang perlu kalian ketahui.

Penyebab Foto Dengan Format HEIC Tidak Bisa Dibuka


1. Tidak Mendukung Format HEIC/HEIF


Tetap saja penyebab utamanya karena perangkat tidak mendukung format HEIC. Ciri jika perangkat atau aplikasi yang digunakan tidak mendukung format HEIC ialah foto tidak bisa dibuka atau jika bisa dibuka hanya blank hitam.

Jika kalian memiliki file nya dan penasaran ingin membuka file HEIC kalian bisa melakukan konversi format HEIC to JPG. Kalian bisa cari situs di internet yang bisa merubah HEIC menjadi JPG layaknya merubah DOC menjadi PDF.

2. Ukuran File HEIC Terlalu Besar


Untuk perangkat yang bisa membuka file HEIC biasanya foto dengan format HEIC bisa langsung terbuka layaknya membuka foto dan gambar dengan format JPG atau PNG. Tetapi jika file terlalu besar terkadang foto tidak bisa dibuka sama sekali.

Kasus ini juga bisa terjadi di file JPG hasil jepretan Kamera yang belum di kompres. Jika perangkat kalian spesifikasinya pas-pasan ukuran foto yang terlalu besar akan kesulitan saat dibuka.


3. Solusinya Ubah Format


Dan yang terakhir untuk bisa membuka file HEIC ada beberapa cara. Yang pertama kalian bisa gunakan situs konversi format HEIC menjadi JPG atau kirim foto HEIC tadi lewat WhatsApp atau Telegram supaya formatnya berubah secara otomatis.

Intinya kalian tidak usah cemas jika file HEIC tidak bisa dibuka kalian hanya perlu merubah formatnya. Selain itu bagi kalian pengguna iPhone supaya formatnya bukan HEIC kalian bisa merubahnya dari Efisiensi Tinggi menjadi Paling Kompatibel.

Dengan memilih Paling Kompatibel format yang digunakan JPEG/H.264 bukan HEIC lagi. Itu saja penjelasan saya mengenai apa itu HEIC serta bagaimana cara membuka file HEIC dari foto yang dihasilkan dari iPhone.

Penasaran kenapa file GIF yang kalian miliki tidak bergerak saat dibuka di galeri? jika kalian penasaran kalian bisa baca artikel mengenai penyebab file GIF tidak bergerak yang seharusnya bergerak.


EmoticonEmoticon