Fungsi AWB atau Auto White Balance di Setelan Aplikasi Kamera

Fungsi AWB atau Auto White Balance di Setelan Aplikasi Kamera

KEPOINDONESIA.id - Auto White Balance atau AWB adalah salah satu fitur menarik yang ada di Kamera dan aplikasi Kamera yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan foto yang natural. Dan yang akan saya bahas kali ini yaitu AWB yang ada di aplikasi Kamera.

Di aplikasi Kamera bawaan fitur ini tidak ada dan jarang ditemui karena secara digital aplikasi Kamera sudah diatur oleh vendor. Oleh karena itu untuk hasil yang maksimal kalian bisa menggunakan aplikasi Kamera dari pihak ketiga seperti GCam.

Sayangnya GCam hanya mendukung pada perangkat Pixel saja dan versi yang sudah di modifikasi hanya mendukung di beberapa perangkat Android. Di GCam banyak fitur yang membuat hasil foto dan video menjadi lebih baik lagi.

Nah salah satu fitur yang bisa kalian manfaatkan di GCam yaitu AWB. AWB di beberapa situasi perlu kalian aktifkan saat menggunakan GCam karena jika tidak diaktifkan hasil fotonya akan oversaturation walaupun banyak yang menggunakan Gcam karena kelebihan tersebut.

Tetapi bagi kalian pecinta foto yang natural, kalian wajib mengaktifkan AWB jika dirasa hasil fotonya oversaturation. Tanpa panjang lebar langsung saja saya jelas apa yang dimaksud dengan AWB itu.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang mungkin bermanfaat untuk kalian. Seperti solusi mengatasi Kamera tidak bisa diakses serta apa yang dimaksud dengan Blur dan Bokeh dan apa perbedaanya.

Singkatnya AWB atau Auto White Balance merupakan fitur yang berfungsi secara otomatis menyesuaikan white balance saat foto diambil. Saat AWB aktif hasil foto akan dibuat senatural lagi yang sebenarnya bisa oversaturation menjadi lebih natural.

Sedangkan yang kusam akan dibuat sedemikian rupa supaya warnanya tetap ada dan mencolok. Di aplikasi GCam, fitur AWB biasanya tidak digunakan karena banyak pengguna yang suka dengan foto dengan karakteristik oversaturation.

Tetapi jika kalian membutuhkan foto yang natural dan hanya butuh detailnya saja kalian bisa mengaktifkan AWB. Dengan Auto White Balance karakteristik foto yang hangat dan dingin akan dibuat menjadi senatural lagi.

Baik Dingin atau Hangat semuanya bagus asalkan kualitasnya juga bagus. Tetapi di beberapa situasi foto natural diperlukan supaya tidak merubah suasana. Terakhir, jika di aplikasi Kamera kalian tidak ada AWB kalian tidak usah memikirkan yang namanya AWB.

Karena hasil foto yang kurang sesuai bisa kalian edit dan kalian atur supaya sesuai keinginan. Itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai Auto White Balance atau AWB semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Dan sebelum saya akhiri apakah kalian tau apa yang dimaksud dengan Footage? jika kalian belum tau kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan Footage dan bagaimana cara mendapatkan Footage untuk di edit.


EmoticonEmoticon