Penyebab dan Solusi PDF Tidak Bisa Dibuka

Penyebab dan Solusi PDF Tidak Bisa Dibuka

KEPOINDONESIA.id - Banyak cara untuk menyimpan file tulisan supaya mudah dibaca dan dikirimkan ke orang lain seperti menggunakan format .doc, .txt, dan .pdf. Dari ketiga format yang sudah saya sebutkan yang paling bagus ialah .pdf.

Tidak seperti .doc dan .txt, file dengan format .pdf bisa dibuka dengan tampilan yang responsif alias dapat tampil semua di berbagai bentuk layar. Sedangkan file .doc terkadang acak-acakan sedangkan .txt terlalu sederhana.

Dengan .pdf format pada tulisan tidak akan hilang dan sangat cocok sebagai referensi digital. PDF atau Portable Document Format dikembangkan oleh Adobe Systems dan sudah ada sejak tahun 1993.

Saya tidak akan menjelaskan lebih detail mengenai apa itu PDF, karena kali ini saya hanya akan fokus ke solusi kenapa file .pdf tidak bisa dibuka. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti cara membuka file .pdf, .doc, dan .xls di WhatsApp serta cara menghentikan email dari Academia. Kenapa file PDF tidak bisa dibuka? apakah file PDF rusak atau perangkat tidak mendukung?

Penyebab PDF Tidak Bisa Dibuka


1. Tidak Ada Aplikasi Untuk Membuka File PDF


Untuk bisa membuka file dengan format PDF dan format lainnya seperti DOC dan XLS kalian harus memastikan pada perangkat kalian tersedia aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk membuka format terkait.

Umumnya hampir semua aplikasi dokumen bisa digunakan untuk membuka file dokumen seperti .doc, .pdf, dan xls. Hanya saja untuk bisa mengedit dan mengubah isi data hanya beberapa aplikasi saja.

2. File PDF Rusak


Penyebab file PDF rusak sangat banyak dan beragam sama halnya penyebab file rusak atau corrupt. Penyebab utamanya biasanya karena file mengalami masalah saat proses unduh atau download.

Jika sudah rusak hanya satu yang bisa kalian lakukan. Kalian harus mengunduh file PDF kembali dan pastikan proses download berhasil 100%. Jika file PDF rusak dari sumbernya tidak ada yang bisa kalian lakukan.


3. Ukuran File PDF Terlalu Besar


Walaupun hanya tulisan saja tetapi file dengan format PDF cukup berat dan lebih berat dari pada file .doc dari Microsoft Word. Saya sarankan jangan membuka file PDF dengan ukuran lebih dari 50 MB pada perangkat mobile karena akan sangat lambat sampai tidak bisa dibuka sama sekali.

4. File PDF Dikunci


Sebagai tambahan saja jika file PDF dikunci kalian harus tau password file tersebut. Jika tidak tau maka file PDF tidak bisa dibuka sama halnya dengan file .rar dan .zip yang dikunci, tidak akan bisa dibuka.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan PDF tidak bisa dibuka. Untuk solusinya tergantung dari penyebabnya. Jika karena tidak ada aplikasi yang mendukung format dokumen maka kalian install aplikasi dokumen.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Penasaran dengan fitur Insert di Microsoft Word? kalian bisa baca apa fungsi menu Insert di aplikasi Microsoft Word.


EmoticonEmoticon