4 Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Lemot dan Tidak Bisa Dibuka

4 Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Lemot dan Tidak Bisa Dibuka

KEPOINDONESIA.id - Pengguna aplikasi Telegram kini bisa dibilang cukup banyak karena memiliki fitur channel dan grup yang bisa menampung ribuan anggota. Tidak seperti WhatsApp yang hanya bisa menampung 250 nomor di grup WhatsApp.

Salah satu keunggulan Telegram dari pada WhatsApp yaitu pada jumlah anggota yang bisa ditampung di grup dan channel Telegram. Sedangkan untuk kepraktisan sebagai aplikasi pengirim pesan, Telegram masih kalah dengan WhatsApp.

Banyak channel dan grup bermanfaat yang bisa kita temui di Telegram, salah satunya channel oprek Android yang biasanya berbagi custom ROM dan aplikasi Gcam. Selain itu kini grup Telegram banyak digunakan untuk belajar bersama karena bisa menampung jumlah siswa yang banyak.

Bagi kalian yang baru menggunakan Telegram dan mengalami aplikasi Telegram tidak bisa dibuka atau lemot, kalian tidak usah cemas. Salah satu penyebab Telegram lemot dan tidak terhubung ke jaringan yaitu karena terlalu banyak bergabung di grup dan channel Telegram.

Selain itu masih banyak penyebab lainnya bisa bisa menyebabkan aplikasi Telegram error. Oleh karena itu kali ini saya akan sedikit mengulas penyebab dan cara mengatasi aplikasi Telegram yang lambat saat digunakan.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel terkait lainnya yang mungkin bisa bermanfaat bagi kalian. Seperti cara keluar dari grup Telegram serta cara menyematkan tulisan di channel Telegram yang kita miliki.

Terlalu Banyak Bergabung ke Channel dan Grup Telegram


Penyebab pertama yaitu karena kalian terlalu banyak bergabung di channel atau grup Telegram. Sebenarnya aplikasi Telegram tergolong ringan, karena jika kita bergabung ke banyak grup atau channel yang memiliki anggota ribuan pun tidak masalah.

Tetapi yang menjadi masalah jika channel dan grup tersebut membagikan video atau aplikasi yang bisa memberatkan aplikasi Telegram yang kita miliki. Sedangkan untuk pesan teks atau gambar saja tidak akan membuat aplikasi Telegram yang kalian gunakan menjadi lemot.

Hapus Data Aplikasi Telegram


Berikutnya kalian bisa menghapus data aplikasi Telegram supaya aplikasi menjadi fresh kembali. Cara ini sangat aman karena Telegram tidak seperti WhatsApp, jika kita login kembali riwayat chatting tidak akan hilang seperti pada WA.

Untuk menghapus data aplikasi Telegram kalian bisa pergi ke Pengaturan>Aplikasi>Telegram>Hapus Data. Setelah berhasil menghapus data aplikasi Telegram silakan kalian masuk atau login kembali ke akun Telegram yang kalian miliki.

Update Aplikasi Telegram


Berikutnya kalian bisa update aplikasi Telegram. Aplikasi Telegram versi lama kemungkinan bisa menyebabkan aplikasi tidak berjalan dengan maksimal sehingga di beberapa kesempatan aplikasi Telegram terasa sangat lamban.


Keluar Dari Channel dan Grup Tidak Penting


Cara terakhir yang bisa kalian lakukan yaitu keluar dari channel atau grup Telegram yang tidak penting. Cara ini bisa kalian lakukan selain mencegah aplikasi Telegram supaya tidak lemot cara ini juga bisa mengurangi notifikasi masuk dari Telegram.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi aplikasi Telegram yang lamban dan tidak bisa dibuka. Jika HP kalian memiliki spesifikasi yang mumpuni seperti RAM dan ROM yang cukup lega seharusnya masalah seperti ini tidak terjadi karena aplikasi Telegram terbilang ringan.

Supaya tidak tambah unduh otomatis di Telegram saya sarankan untuk kalian matikan. Karena jika tidak kalian matikan tetapi kalian bergabung ke banyak channel dan grup maka setiap saat aplikasi Telegram akan terus memproses dan bisa menyebabkan lemot.

Sedangkan untuk permasalahan Telegram menunggu jaringan dan solusi tidak bisa memutar video di Telegram akan saya bahas di postingan selanjutnya. Selain itu jika kalian tidak tau arti rechat kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon