Jumat, 22 November 2019

Lirik, Arti, dan Not Lagu Bapak Pucung Lagu Dolanan Asal Jawa Tengah

Lirik, Arti, dan Not Lagu Bapak Pucung Lagu Dolanan Asal Jawa Tengah

KEPOINDONESIA.id - Lagu dolanan seiring perkembangan jaman semakin ke gusur dengan lagu-lagu populer saat ini. Tidak hanya lagu dolanan saja, karena lagu anak-anak malah lebih dulu ke geser dari pada lagu dolanan ini. Nah lagu dolanan yang cukup populer di masyarakat dan anak kecil jaman dulu yaitu lagu Bapak Pucung.

Jika kalian tinggal di Jawa dan orang Jawa asli, pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu dolanan yang satu ini. Sama seperti tembang Macapat Pucung, lagu Bapak Pucung ini juga sering menjadi materi pelajaran di sekolahan pada pelajaran bahasa Jawa.

Lagu Bapak Pucung ini merupakan lagu dolanan asal provinsi Jawa Tengah yang cukup populer di kalangan anak-anak untuk mengiringi permainan tradisional. Diketahui bahwa daerah kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan merupakan kota lagu ini berasal.

Namun untuk siapa penciptanya saya sendiri kurang tau menau. Lagu yang tergolong lagu wajib daerah ini memiliki filosofi tentang nasehat pada sesama umat manusia dalam memelihara hubungan sosial yang baik dengan antar sesama demi terciptanya kehidupan yang lebih baik juga.

Tanpa panjang lebar lagi, saya akan menjelakan tentang lirik lagu daerah Bapak Pucung, arti lagu Bapak Pucung serta Not Angka lagu daerah Papak Pucung ini. Namun sebelum itu kalian bisa baca penjelasan lengkap tembang mocopat Pucung dan kumpulan wewaler bahasa Jawa.

Lirik Lagu Bapak Pucung


Judul: Bapak Pucung

Pencipta: -

Daerah: Jawa Tengah

Golongan: Lagu Daerah


Bapak Pucung dudu watu dudu gunung

Sangkane ing sebrang

'ngon-ingone sang Bupati

Bapak Pucung yen m'laku lembehan grana


Arti Lagu Bapak Pucung


Bapak pucung bukan batu bukan gunung

Berasal dari tanah seberang

Peliharaan sang bupati

Jika berjalan si pucung melambaikan hidung

Cangkriman/Badhean/Batangan: Gajah

Jika kalian belum tau apa itu cangkriman, Cangkriman adalah tebak-tebakan. Lebih tepatnya arti atau kata yang harus ditebak.


Not Angka Lagu Bapak Pucung


Not Angka Lagu Bapak Pucung


Berikut Bebeberapa Kumpulan Tembang Pucung dan Cangkrimannya


Bapak pucung amung sirah lawan gembung

Padha dikunjara

Mati sajroning ngaurip

Mijil baka si pucung dadi dahana

Batangane: Penthol Rek/Penthol Korek/Bagian Pucuk Korek Api Kayu


Bapak pucung cangkemu madhep mandhuwur

Sabamu ing sendhang

Pencaanmu lambung kering

Prapteng wisma sipucung mutah kuwawa

Batangane: Buyung


Bapak pucung renteng-renteng kaya kalung

Dawa kaya ula

Pencokanmu wesi miring

Sing disaba si pucung mung turut kutha

Batangane: Sepur/Kereta Api


Bapak pocung bisa nggereng bisa mbengung

Ngambah jumantara

Kaya manuk rajawali

Wira-wiri nggawa barang lan menungso

Batangane: Motor Mabur/Pesawat


Nah itu dia sedikit penjelasan tentang lagu daerah dan juga lagu dolanan Bapak Pucung. Untuk contoh yang pertama sudah saya berikan arti dan not angkanya juga jika kalian perlu menyanyikan lagu tersebut dengan alat musik.

Jadi makna yang bisa kita ambil dari lagu dolanan yang satu ini yaitu salinglah membantu sesama manusia. Tidak perduli asalnya dari mana, keluarganya seperti apa, dan jabatannya apa. Karena untuk mendapatkan kehidupan yang baik kita tidak perlu bantuan dari siapa, namun yang diperlukan ada bantuan berupa apa.

Terakhir, jika kalian belum tau bahwa terjemahan dari Google sudah bisa menerjemahkan bahasa Jawa, kalian bisa langsung baca saja cara menggunakan Translator Bahasa Jawa dari Google. Walaupun masih biasa-biasa saja hasilnya, namun kalian bisa mencobanya terlebih dahulu.


EmoticonEmoticon