Begini Cara Melihat Ukuran Folder di Android Tanpa Menandai Semua File

Begini Cara Melihat Ukuran Folder di Android Tanpa Menandai Semua File

KEPOINDONESIA.id - Baik di HP atau Komputer pasti banyak folder-folder yang otomatis dibuat oleh sistem ataupun yang sengaja kita buat sendiri. Didalam folder nantinya akan ada folder lagi dan file-file yang begitu banyaknya. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui ukuran folder tersebut?

Kita perlu tau ukuran atau size dari folder tersebut, supaya kita bisa mengontrol file-file yang ada di dalamnya. Selain itu mengetahui ukuran folder juga bermanfaat supaya kita bisa tau penyebab memori penuh.

Untuk cara melihat ukuran folder Android atau Windows terbilang hampir sama, kita tidak perlu aplikasi khusus. Namun untuk yang akan saya bahas kali ini yaitu khusus untuk Android saja yaitu menggunakan File Manager bawaan.

Dengan aplikasi file manager bawaan kita sudah bisa menampilkan size folder tertentu dengan detail, cepat, dam akurat. Kalian bisa melihat kapasitas folder dari yang paling depan sampai yang ada di dalam folder.

Namun sebelum saya lanjutkan tutorialnya, kalian bisa baca beberapa tips lainnya terlebih dahulu. Seperti cara soft reset di HP Nokia Android dan cara menghapus sampah, cache dan file yang tidak berguna dengan aplikasi Clean Master.

Cara Mengetahui Ukuran dan Kapasitas Folder di Android


1. Langkah pertama silakan kalian cari folder yang ingin dilihat ukurannya, kemudian tahan lama folder tersebut

1. Langkah pertama silakan kalian cari folder yang ingin dilihat ukurannya, kemudian tahan lama folder tersebut

2. Kemudian pilih Pilihan

2. Kemudian pilih Pilihan

3. Setelah itu pilih Rincian

3. Setelah itu pilih Rincian

4. Nantinya akan muncul jendela properti, yang akan tertulis ukuran folder tersebut. Jadi semua file yang ada di folder tersebut ukurannya akan terlihat jika kita melihat ukuran folder dimana file tersebut berada

4. Nantinya akan muncul jendela properti, yang akan tertulis ukuran folder tersebut. Jadi semua file yang ada di folder tersebut ukurannya akan terlihat jika kita melihat ukuran folder dimana file terbebut berada

Nah itu dia cara melihat ukuran folder, size folder ataupun kapasitas folder di Android. Cara ini sering saya lakukan untuk mengetahui ukuran semua file di folder tersebut jika di gabungkan. Jadi kita bisa kira-kira, ada file yang memiliki size yang besar atau tidak.

Selain itu kalian juga perlu tau solusi memori tidak cukup saat membuka aplikasi dan aplikasi tidak bisa terbuka. Sering kali memori internal di HP kita habis total sampai-sampai tidak bisa membuka aplikasi dan menerima sms masuk. 


EmoticonEmoticon