Sabtu, 28 September 2019

3 Tips Mengatasi Download File di Google Drive Lemot atau Lambat

3 Tips Mengatasi Download File di Google Drive Lemot atau Lambat

KEPOINDONESIA.id - Siapa yang tidak tau dengan layanan Google Drive. Mungkin jika kalian suka download aplikasi, software, video ataupun film pasti sudah tidak asing lagi dengan Google Drive. Selain mudah, kecepatan download di Google Drive ini bisa maksimal tanpa ada pembatasan kecepatan, alias tidak lemot dan lambat.

Google Drive sendiri adalah suatu layanan menyimpan dokumen atau file secara gratis maupun berbayar yang disediakan oleh Google. Untuk versi gratis, kita akan diberi kapasitas sebesar 15 GB, sedangkan yang berbayar tanpa batas alias unlimited.

Namun sebenarnya saya sendiri suka dengan Google Drive bukan karena kapasitasnya yang unlimited jika kita menggunakan versi yang berbayar. Namun saya lebih suka kemudahan saat mendownload, menyalin serta kecepatan server dari Google Drive itu sendiri. Selain itu Google Drive juga tanpa iklan.

Selain itu kita bisa upload file apa saja ke Google Drive jika kita buat menjadi .zip atau .rar. Namun secara umum Google Drive sudah mendukung berbagai jenis format dokumen antara lain:

Archive files (.ZIP, .RAR, tar, gzip)

Video files (WebM, .MPEG4, .3GPP, .MOV, .AVI, .MPEGPS, .WMV, .FLV, .ogg)

Text files (.TXT)

Audio formats (MP3, MPEG, WAV, .ogg)

Image files (.JPEG, .PNG, .GIF, .BMP)

Markup/Code (.CSS, .HTML, .PHP, .C, .CPP, .H, .HPP, .JS)

Excel (.XLS and .XLSX)

XML Paper Specification (.XPS)

Word (.DOC and .DOCX)

PowerPoint (.PPT and .PPTX)

TrueType (.TTF)

Tagged Image File Format (.TIFF) – best with RGB .TIFF images

Autodesk AutoCad (.DXF)

Illustrator (.AI)

Scalable Vector Graphics (.SVG)

PostScript (.EPS, .PS)

Portable Document Format (.PDF)

Photoshop (.PSD)

Cukup banyak bukan jenis-jenis format file yang bisa kita unggah ke Google Drive. Nah namun masalah yang sering muncul belakangan ini ialah download lambat di Google Drive. Beberapa bulan ini saya sering mengalami download lama sekali di Google Drive, bisa dibilang speed mentok di 200KB/s yang biasanya sampai 3MB/s.

Entah apa penyebab pasti Google Drive lemot, namun saya mencoba untuk iseng-iseng dan menemukan beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan download di Google Drive. Walaupun biasanya cara tersebut tidak menjamin akan berhasil di hari selanjutnya, namun kalian wajib mencobanya.

Namun sebelum lanjut ke beberapa tips dan cara untuk meningkatkan proses unduh di Google Drive, alangkah baiknya kalian baca beberapa tips seperti cara upload file ke Google Drive dengan mudah dan cara membagikan link di Google Drive ke pada orang lain.

Cara Meningkatkan Kecepatan Download Google Drive


1. Gunakan Aplikasi Download Kusus


Pasti kalian bingung, apa itu aplikasi download kusus?. Aplikasi download kusus yaitu IDM (Internet Download Manager) untuk di Komputer dan ADM (Android Download Manager) jika di Android. Jika kalian mendownload file dari browser langsung tanpa aplikasi download tambahan saya rasa memang kecepatannya tidak akan maksimal.

Selain itu jika kita menggunakan ADM atau IDM, kita bisa menggunakan fitur tunda dan lanjutkan. Karena Google Drive mendukung fitur tersebut dengan maksimal waktu 24 jam. Jika sudah 24 jam terpaksa kita wajib mendownload dari awal file tersebut.

2. Putus Jaringan Sebelum Mendownload


Cara ini sebenarnya cara yang sangatlah ampuh, namun tidak banyak orang yang mengetahuinya. Caranya yaitu sebelum kalian klik tombol Download, silakan kalian matikan data seluler, koneksi wifi atau Ethernet. Setelah itu hubungkan kembali lalu test untuk membuka suatu situs.

Jika sudah terhubung dan sudah bisa untuk mengakses halaman, barulah kalian klik download pada Google Drive. Saya jamin koneksinya akan maksimal dari pada kita langsung mendownload nya.

3. Download Saat Pagi Hari


Entah kenapa banyak orang yang mengatakan bahwa pagi hari atau lebih tepatnya dini hari merupakan waktu yang tepat untuk mengunduh ataupun mengunggah file. YouTuber pun kebanyakan dari mereka mengunggah file dengan size berGB-GB juga pagi hari dan di jadwal akan diterbitkan jam berapa.

Jadi tidak ada salahnya kalian mencoba untuk mendownload file di pagi hari.

Nah itu dia beberapa tips dan cara untuk meningkatkan proses download di Google Drive. Yang awalnya lambat, lemot atau lama supaya menjadi cepat. Ketiga cara diatas sudah sering saya coba, dan rata-rata berhasil walaupun di hari yang sama atau berikutnya tidak selalu berhasil.

Selain itu jika kalian sering menyimpan video YouTube ke tonton nanti sebelum di tonton, kalian bisa baca cara cek playlist tonton nanti di YouTube. Saya kira masih banyak orang yang belum mengetahuinya.


EmoticonEmoticon