Senin, 10 Juni 2019

Arti Kode SU, BO, A, R, dan D Dalam Acara Televisi

Arti Kode SU, BO, A, R, dan D Dalam Acara Televisi

KEPOINDONESIA.id - Menonton TV ialah hal yang sering dilakukan beberapa orang mulai dari anak-anak sampai orang tua. Mulai dari pagi hingga malam hari. Acara di televisi pun bermacam macam tergantung channel yang sedang kita tonton. Baik menonton di channel apa dan acara apa, pasti kalian sering melihat kode seperti SU, BO, A, R, dan D yang biasanya terletak dipojok kanan bawah, jadi kali ini saya akan bahas apa arti ke 5 kode tersebut.

Semua siaran televisi pasti memiliki kode tersebut, jika kalian belum tau kelima kode tersebut merupakan kode penggolongan siaran di Indonesia, atau bisa dibilang penggolongan umur pada tayangan televisi. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam Pasal 14 Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) memberlakukan suatu penggolongan program siaran menurut usia pemirsanya.

Dulu setau saya dan seingat saya, kode penggolongan siaran televisi ini hanya ada SU, BO, A, R, dan D. Namun untuk sekarang ada perubahan sedikit. Jika dulu hanya SU sekarang SU2+, jika dulu A sekarang A7+, R menjadi R13+, dan D menjadi D18+.

Sedangkan untuk arti dan pengertian singkatan tersebut akan saya jelaskan dibawah. Namun sebelumnya jika kalian sering melihat acara tv yang ada tulisannya live namun live delay dan kalian tidak tau artinya kalian bisa baca arti dari live delay di televisi. Karena live delay berbeda dengan live ataupun siaran langsung.

Arti 5 Kode Penggolongan Siaran di Indonesia


SU atau SU2+


SU sendiri singkatan dari Semua Umur. Lalu apa arti SU dalam TV? Jadi acara yang masuk dalam katagori SU/SU2+ merupakan tayangan atau acara yang dapat disaksikan oleh semua umur. Walaupun semua umur tayangan ini hanya boleh disaksikan mulai dari anak-anak yang berumur 2 tahun ke atas jika SU2+. Sebagai contoh tayangan berita dan acara olahraga seperti Sepakbola dan Bulu Tangkis.

BO


BO merupakan singkatan dari Bimbingan Orang Tua. Acara dengan simbol BO ini merupakan tayangan yang mengharuskan bimbingan atau pendampingan orang tua saat anak sedang menontonnya karena ada beberapa konten dalam tayangan yang kurang sesuai dengan anak yang berusia dibawah 18 tahun. Sebagai contoh acara anak-anak seperti outbound atau semacamnya, bukan kartun. 

A atau A7+


Untuk A sendiri merupakan singkatan dari Anak-anak. Jadi tayangan golongan A ini dapat disaksikan oleh anak-anak yang berusia 7-12 tahun. Jadi jika dulu A saja, sekarang lebih di persempit menjadi A7+ dengan rentang usia 7-12 tahun. Sebagai contoh acara kartun.

R atau R13+


R artinya Remaja, jadi acara ini diperuntukan untuk kalangan remaja. Namun sekarang berubah menjadi R13+ yang artinya tayangan yang dapat disaksikan oleh anak-anak yang berusia mulai dari 13 - 17 tahun. Sebagai contoh sinetron.

D atau D18+


Sedangkan D singkatan dari Dewasa. Namun sekarang ada D18+ jadi acara tidak diperbolehkan di tonton oleh remaja ataupun anak-anak, jadi acara ini hanya boleh di tonton oleh pemirsa yang sudah berusia lebih dari 18 tahun. Ciri khas tayangan dalam golongan D ini yaitu tayang diatas jam 10 malam atau 22:00, seperti acara film serta acara yang terdapat unsur kekerasan seperti tinju atau sebagainya.

Nah itu dia beberapa penggolongan acara di televisi yang sering kalian lihat. Selain kode diatas, juga da beberapa kode gabungan seperti R-BO yang artinya Remaja Bimbingan Orang Tua dan A-BO yang artinya Anak Bimbingan Orang Tua. Jadi kode yang ada di pojok kanan bawah dalam setiap acara memiliki arti tersendiri tidak hanya hiasa semata. Jadi kalian sekarang sudah tau klasifikasi program televisi atau golongannya, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon