Sabtu, 06 April 2019

Mau Lapor Pajak Secara Online? Begini Cara Login DJP Online, Gampang Banget!

Mau Lapor Pajak Secara Online? Begini Cara Login DJP Online, Gampang Banget!

KEPOINDONESIA.id - Melaporkan pajak merupakan kewajiban kita sebagai warga Indonesia yang baik dan taat aturan. Namun untuk melaporkan pajak ini tidak mudah terutama yang belum pernah dan bagi orang yang memiliki penghasilan dan kekayaan yang tidak sedikit. Selain itu orang yang harus melaporkan wajib pajak biasanya adalah orang yang bekerja setiap harinya jadi tidak sempat untuk melapor.

Namun sekarang ada inovasi baru dari Direktorat Jenderal Pajak untuk melaporkan pajak tahunan secara online yaitu di DJP online. Lalu apa itu DJP Online itu? DJP Online adalah salah satu aplikasi pajak online dari Direktorat Jenderal Pajak yang fungsinya memberikan fasilitas kepada Wajib Pajak untuk lapor SPT Pajak atau pembayaran pajak secara online melalui aplikasi e-filing & e-Billing Pajak.

DJP terpadu ini menyediakan berbagai macam fasilitas kepada Wajib Pajak antara lain :


  1. e-Filing Pajak yang merupakan aplikasi untuk penyampaian SPT Tahunan secara online.
  2. e-Billing Pajak merupakan aplikasi pembuatan kode billing pajak secara online untuk proses pembayaran pajak. Kode Billing ini sebagai pengganti Surat Setoran Pajak (SSP) dan pembayaran pajak bisa kalian lakukan melalui Bank, Mesin ATM, Kantor Pos, Internet Banking, maupun Mobile Banking.
  3. e-Registration merupakan aplikasi pendaftaran NPWP secara online. Kalian hanya cukup mengisi formulir elektronik pendaftaran NPWP. Setelah data pengisian kalian lengkap dan valid, maka NPWP akan dikirim oleh KPP ke alamat kalian melalui paket pengiriman POS.

Lalu bagaimana cara login ke DJP Online? berikut caranya:


1. Nah untuk lapor pajak secara online kalian harus mengunjungi situs DJP Online | One-Stop Tax Services. Dengan cara pertama silakan kalian pergi ke halaman login DJP Online di https://djponline.pajak.go.id/account/login

Nah untuk lapor pajak secara online kalian harus mengunjungi situs DJP Online | One-Stop Tax Services. Dengan cara pertama silakan kalian pergi ke halaman login DJP Online di https://djponline.pajak.go.id/account/login

2. Kemudian untuk login atau masuk silakan masukan No. NPWP dan Password kalian yang sudah terdaftar di DJP Online dan jangan lupa masukan kode keamanan lalu klik login.

Nah itu dia cara login DJP Online secara mudah dan gampang. Pertama-tama untuk bisa login kalian harus punya dulu akun DJP online nya. Jika belum punya kalian bisa mendaftarnya di https://djponline.pajak.go.id/registrasi dengan petunjuk sebagai berikut:
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang dimasukkan hanya angka saja, tanpa tanda titik (.) dan strip (-)
  • Dapatkan Electronic Filing Identification Number (EFIN) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat bagi Wajib Pajak Orang Pribadi atau di KPP terdaftar bagi Wajib Pajak Badan
  • Klik tombol verifikasi untuk lanjut ke tahap selanjutnya
Lau bagaimana jika kalian belum menerima link aktivasi akunnya? kalian bisa meminta link aktivasi akun DJP Online di https://djponline.pajak.go.id/resendlink dengan petunjuk sebagai berikut:
  • Pastikan kalian masih menyimpan Electronic Filing Identification Number (EFIN) yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP).
  • Jika kalian lupa atau tidak menyimpan EFIN, silakan mencetak ulang EFIN di KPP terdekat.
Lalu jika belum punya NPWP kalian bisa mendaftarnya secara online di https://ereg.pajak.go.id/login atau ke kantor pajak dengan sebelumnya membaca cara mudah membuat NPWP.

Dan jika kalin lupa askun DJP Online kalian bisa meresetnya di https://djponline.pajak.go.id/resetpass dengan petunjuk sebagai berikut:
  • Pastikan kalain masih menyimpan EFIN yang diberikan oleh KPP.
  • Jika kalian lupa atau tidak menyimpan EFIN, silahkan meminta pencetakan ulang EFIN di KPP Terdekat
  • Kalian dapat mengubah email untuk menerima password baru, jika menghendakinya dengan memilih "YA" pada pilihan "Lupa Email?"
  • Jika kalian mengubah email, maka password akan dikirimkan ke email kalian yang baru, dan email tersebut selanjutnya akan digunakan oleh sistem untuk mengirimkan pesan kepada kalian.


EmoticonEmoticon