Minggu, 13 Januari 2019

Cara Mengaktifkan Mode Malam/Dark Mode di iPhone dan iPad

Dark Mode/Mode Malam iPhone dan iPad

KEPOINDONESIA.id - Dark Mode atau Mode Malam merupakan fitur yang sudah tidak asing bagi kita. Fitur ini akan merubah tampilan layar yang awalnya cerah menjadi gelap atau gelap transparan. Fitur ini sebenarnya sudah banyak di gunakan aplikasi-aplikasi seperti di PC di Browser Opera dan di Smartphone di browser UC Browser.

Di Windows 10 terbaru kayaknya juga sudah tersedia fitur Dark Mode untuk merubah seluruh tampilan Windows kalian menjadi gelap yang awalnya putih. Fitur dark mode/mode malam ini bisa dibilang sama seperti screen filter baik yang aplikasi atau bawaan seperti BlueLight Filter di Smartphone HONOR.

Tampilan layar yang gelap ini dirasa lebih nyaman dan aman di mata dari pada awalnya yang lebih cerah. Apalagi dalam penggunaan yang kurang cahaya atau saat malam hari. Nah jika kalian pengguna iPhone atau iPad kalian dapat mengaktifkan fitur ini tanpa aplikasi pihak ke-3 alias sudah ada dari sananya yaitu fitur Pembalikan Cerdas atau Smart Invert Colors. 

Konsep dari Smart Invert Colors ini adalah membalikan warna yang telah ada. Jika warna putih akan dibalikan menjadi hitam, jika warna biru akan menjadi jingga, dan sebagainya. Namun Smart Invert Colors pada iOS ini cukup cerdas, yaitu tidak akan membalikan warna pada media seperti gambar/ file foto serta video. Untuk itu simak cara mengaktifkan fitur Smart Invert Colors di IOS dibawah ini.


Tutorial Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode/Mode Malam di iPhone dan iPad dengan Smart Invert Colors:

1. Silakan kalian buka menu Pengaturan di iPhone kalian untuk mengaktifkan fitur mode malam/dark mode

Buka menu Pengaturan di iPhone kalian untuk mengatifkan fitur mode malam/dark mode

2. Setelah itu pilih Umum


Setelah itu pilih Umum

3. Selanjutnya pilih Aksesibilitas


Selanjutnya pilih Aksesibilitas

4. Setelah di Aksesibilitas kalian lalu bisa memilih Akomondasi Tampilan


Setelah di Aksesibilitas kalian lalu bisa memilih Akomondasi Tampilan

5. Pilih Balikkan Warna


Pilih Balikkan Warna

6. Langkah terakhir silakan kalian geser Pembalikan Cerdas dari kiri ke kanan, atau dari non-aktif menjadi aktif agar mode malam atau dark mode di iPhone dapat aktif juga

Langkah terakhir silakan kalian geser Pembalikan Cerdas dari kiri ke kanan, atau dari non-aktif menjadi aktif agar mode malam atau dark mode di iPhone dapat aktif juga

7. Jika Pembalikan Cerdas sudah aktif seketika tampilan iPhone kalian akan menjadi hitam gelap yang awalnya putih cerah yang bertanda dark mode dalam iPhone kalian sudah aktif. Dan jika kalian ingin me non-aktifkan fitur ini kalian bisa geser saja Pembalikan Cerdas dari kanan ke kiri atau dari aktif ke non-aktif

Jika Pembalikan Cerdas sudah aktif seketika tampilan iPhone kalian akan menjadi hitam gelap yang awalnya putih cerah yang bertanda dark mode dalam iPhone kalian sudah aktif

Nah itu dia cara untuk mengaktifkan fitur Dark Mode/Mode Malam di iPhone. Namun jika kalian pengguna iPad kalian juga bisa mencoba cara ini siapa tau berhasil. Fitur dark mode ini sudah mendukung di semua aplikasi yang terinstall di iPhone atau iPad kalian jadi tidak hanya di beberapa aplikasi.

Namun disarankan untuk mendapat hasil yang maksimal di dalam mode malam ini iPhone/iPad kalian lebih baik harus sudah menggunakan layar AMOLED bukan yang IPS. Karena pada layar AMOLED fitur ini akan bekerja secara maksimal karena karakteristik AMOLED berbeda dengan IPS dan juga fitur ini akan terasa baterai yang akan lebih hemat di iPhone/iPad berlayar AMOLED bukan yang IPS.

Atau untuk hasil yang maksimal dan iOS kalian sudah Jailbreak kalian bisa menggunakan aplikasi Electra by Coolstar untuk hasil tampilan yang lebih nyaman dan hemat baterai.


EmoticonEmoticon